Dark/Light Mode

Kinerja Moncer di 2022, Laba Bersih Surge Melonjak 136 Persen

Jumat, 31 Maret 2023 11:49 WIB
Petugas sedang menyiapkan jaringan serat optik di sepanjang jalur kereta pulau Jawa. (Foto: Dok. Surge)
Petugas sedang menyiapkan jaringan serat optik di sepanjang jalur kereta pulau Jawa. (Foto: Dok. Surge)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Solusi Sinergi Digital Tbk atau biasa disebut Surge (WIFI) berhasil mencatatkan kinerja moncer di sepanjang tahun 2022.

Laba bersih perseroan mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 136 persen dari sebelumnya Rp 24,8 miliar menjadi Rp 58,4 miliar.

Hal tersebut tertuang dalam laporan keuangan perseroan auditan untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2022. Pendapatan perseroan juga bertumbuh kuat sebesar 18 persen dari Rp 390,9 miliar pada tahun 2021 menjadi Rp 461,2 miliar pada tahun 2022.

CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan, kinerja positif ini tidak lepas dari beroperasinya bisnis konektivitas perseroan secara utuh dan naiknya kontribusi kinerja periklanan pasca pandemi.

Baca juga : Kinerja Moncer, Laba Bersih PGE Melonjak 49,7 Persen di 2022

Di sisi lain, kata Hermansjah, aset perseroan terus bertumbuh dan mencatatkan kenaikan sebesar 57 persen menjadi Rp 1,4 triliun dibandingkan posisi akhir tahun 2021 yang sebesar Rp 896,3 miliar.

"Ekuitas perseroan juga meningkat sebesar 19 persen menjadi Rp 612,7 miliar dibandingkan dengan posisi ekuitas pada akhir tahun 2021 yang sebesar Rp 515,9 miliar," kata Hermansjah dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (31/3).

Seperti diketahui, Surge melalui anak usaha PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) telah mengoperasikan jaringan serat optik di sepanjang jalur kereta pulau Jawa sejak tahun 2022.

Saat ini IJE telah membangun dan mengoperasikan 5.237 kilometer (km) jaringan serat optik yang mengkombinasikan jalur kereta api, jalan tol, dan jalan raya dengan kapasitas 144 core serta maksimum kapasitas bandwidth hingga 64 Tbps.

Baca juga : Kinerja Moncer, WOM Finance Tebar Dividen Rp 59 M 

Ke depan, kata Hermansjah, perseroan berharap dapat terus mengembangkan jaringan konektivitas di seluruh Indonesia, selain Pulau Jawa.

Hermansjah mengungkapkan, kinerja Surge di sepanjang tahun 2022 tidak lepas dari upaya seluruh stakeholders yang telah bekerja keras dan bermitra bersama perseroan.

Dirinya optimis tren positif ini bisa terus dijaga pada tahun-tahun ke depan seiring dengan beroperasinya Java Backbone secara penuh.

Begitu juga pemanfaatan infrastruktur konektivitas untuk mengakselerasi dan mengandalkan lebih dari 500 Point of Presence serta 58 titik lokasi Edge Data Center, Content Delivery Network (CDN), serta Local Internet Exchange.

Baca juga : Pengguna BNI Mobile Banking Melonjak 25 Persen Per Februari 2023

"Ke depan, kami akan terus berinovasi menghasilkan produk dan layanan digital yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia," pungkas Hermansjah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.