Dark/Light Mode

Jasa Marga Prediksi 2,78 Juta Kendaraan Bakal Keluar Jabotabek Saat Mudik Lebaran

Selasa, 4 April 2023 10:19 WIB
Petugas Jasa Marga selalu siap mengawal mudik Lenaran 2023 berjalan lancar. (Foto: Dok. Jasa Marga)
Petugas Jasa Marga selalu siap mengawal mudik Lenaran 2023 berjalan lancar. (Foto: Dok. Jasa Marga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi jumlah kendaraan yang keluar wilayah Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi) pada arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H/Lebaran 2023, atau H-7 sampai H+7 periode 15-30 April 2023 mencapai 2,78 juta kendaraan.

Jumlah ini, naik 6,8 persen dari periode Lebaran 2022 atau naik 8 persen dari periode Lebaran 2019.

Baca juga : Ingin Pemudik Nyaman, Ganjar Pranowo Pantau Kesiapan Fisik Infrastruktur Jalan Jelang Lebaran

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan, distribusi lalu lintas keluar wilayah Jabotabek di periode tersebut mayoritas menuju ke arah Timur atau Trans Jawa sebesar 52 persen.

"Ke arah Barat atau Merak, Banten sebesar 28 persen dan ke arah Selatan atau Puncak Bogor sebesar 20 persen," ujar Lisye di Jakarta Selasa (4/4).

Baca juga : PUPR Siapkan Jalan Tol Cisumdawu-Japek II Untuk Mudik Lebaran

Lisye menambahkan, pihaknya juga memprediksi, jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Jabotabek pada periode yang sama yaitu sebesar 2,66 juta kendaraan, naik 3,7 persen dari periode Lebaran 2022 atau naik 14 persen dari periode Lebaran 2019.

Menurutnya, distribusi lalu lintas yang masuk ke wilayah Jabotabek di periode tersebut, mayoritas dari arah Trans Jawa sebesar 51 persen, dari arah Merak sebesar 28 persen dan dari arah Puncak sebesar 21 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.