Dark/Light Mode

Jasa Marga Prediksi 2,78 Juta Kendaraan Bakal Keluar Jabotabek Saat Mudik Lebaran

Selasa, 4 April 2023 10:19 WIB
Petugas Jasa Marga selalu siap mengawal mudik Lenaran 2023 berjalan lancar. (Foto: Dok. Jasa Marga)
Petugas Jasa Marga selalu siap mengawal mudik Lenaran 2023 berjalan lancar. (Foto: Dok. Jasa Marga)

 Sebelumnya 
"Angka prediksi tersebut, merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), serta GT Cikupa (arah Merak)," ujarnya.

Lisye menjelaskan, prediksi puncak arus mudik jatuh pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau pada Rabu (19/4) dengan lalu lintas mencapai 138 ribu kendaraan, di KM (Kilometer) 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan dari Trans Jawa dan Cipularang.

Jumlah ini, kata dia, juga mengalami peningkatan hingga 154 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal tahun 2022.

Baca juga : Ingin Pemudik Nyaman, Ganjar Pranowo Pantau Kesiapan Fisik Infrastruktur Jalan Jelang Lebaran

“Sedangkan prediksi puncak arus balik, jatuh pada H+2 atau Selasa (25/4), dengan lalu lintas mencapai 178 ribu kendaraan (di KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek), naik 237 persen dibandingkan dengan lalu lintas periode normal tahun 2022,” jelasnya.

Lisye mengatakan, hngga kini, perseroan terus mematangkan berbagai strategi dan kesiapan layanan operasi guna mengawal pelaksanaan angkutan libur lebaran mendatang.

Hal ini untuk memastikan, kualitas pelayanan yang optimal kepada masyarakat, terutama dalam mengantisipasi peningkatan mobilitas yang berpotensi terjadi paska dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga : PUPR Siapkan Jalan Tol Cisumdawu-Japek II Untuk Mudik Lebaran

Sejumlah upaya tersebut, kata Lisye, di antaranya terkait peningkatan kapasitas lajur, yakni dengan menyiapkan alternatif jalur fungsional dan akses jalan tol untuk mendistribusikan lalu lintas.

Lisye menanbahkan, pihaknya juga melakukan pelebaran satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dari tiga lajur menjadi empat lajur di kedua arahnya. Tepatnya, di KM 50 sampai dengan KM 66 sepanjang 16,3 km arah Cikampek dan di KM 61 sampai KM 50 sepanjang 11,8 km.

Jasa Marga telah mengusulkan salah satu rekayasa lalu lintas yang diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yaitu contraflow. Hal ini dilakukan untuk memberikan akses bagi pengguna jalan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju dan dari Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi.

Baca juga : Libur Nyepi 2023, Jasa Marga Catat 301 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

“Penambahan kapasitas lajur jalan tol akan dilakukan, melalui pemberlakuan rekayasa lalu lintas berdasarkan diskresi Kepolisian, baik itu contraflow maupun one way," ujar Lisye.

Menurutnya jadwal pemberlakuan rekayasa lalu lintas, nantinya diputuskan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB), akan disosialisasikan kepada masyarakat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.