Dark/Light Mode

Pecah Saham, Bank Mandiri Resmi Stock Split Rasio 1 : 2

Selasa, 4 April 2023 16:44 WIB
Gedung Bank Mandiri. (Foto: Dok. Bank Mandiri)
Gedung Bank Mandiri. (Foto: Dok. Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melakukan pemecahan saham yang beredar atau stock split dengan rasio 1 : 2. Lewat aksi korporasi ini, saham bank berkode emiten BMRI per perdagangan sesi I, Selasa (4/4), sudah memakai harga baru.

Merujuk pada pembukaan perdagangan bursa, harga baru BMRI berada di posisi Rp 5.250 per lembar saham. Sebelumnya, pada penutupan perdagangan Senin (3/4), saham BMRI ditutup di posisi Rp 10.525 per lembar, naik sebesar 1,94 persen.

Baca juga : Pasang 556 Unit Panel Surya, Bank Mandiri Genjot Bisnis Berbasis ESG

Corporate Secretary (Corsec) Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, langkah stock split ini diambil perseroan guna meningkatkan likuiditas saham BMRI dan memperluas aksesibilitas investor untuk berinvestasi pada perusahaan.

Melansir keterbukaan informasi, sebelum melakukan pemecahan, nilai nominal saham BMRI yakni sebesar Rp 250 per saham dengan jumlah saham 46,66 miliar lembar.

Baca juga : PLN Icon Plus dan Bank Mandiri Kerja Sama Fasilitas Pembiayaan

Setelah pemecahan saham nilai nominal saham bank berlogo pita emas ini adalah Rp 125 per saham dengan jumlah saham sebesar 93,33 miliar lembar.

Sedangkan, jumlah saham BMRI dalam modal dasar juga akan bertambah dari semula 64 miliar lembar menjadi 128 miliar lembar pasca stock split.

Baca juga : Incar Pasar Anak Muda, Bank Mandiri Relaunching Kartu Kredit Khusus Pegolf

“Untuk saham Seri A Dwiwarna akan tetap dipertahankan satu saham dan sisanya diperhitungkan menambah jumlah saham Seri B milik Negara Republik Indonesia dan tetap menjadi pemegang saham pengendali perseroan,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (4/4).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.