Dark/Light Mode

Bangun Hotel Bertaraf Internasional, Gorontalo Jadi Magnet Bagi Investor

Selasa, 27 Agustus 2019 10:31 WIB
Bangun Hotel Bertaraf Internasional, Gorontalo Jadi Magnet Bagi Investor

RM.id  Rakyat Merdeka - Gorontalo terus mempercantik diri, setelah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) oleh Presiden Jokowi. 

Peluang menarik turis asing semakin besar. Untuk menggaetnya, Hotel bertaraf internasional, Horison Nayumi di Gorotalo diresmikan. 

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengapresiasi beroperasinya Hotel Horison Nayumi Gorontalo. Rusli berharap, pemanfaatan sumber daya lokal Gorontalo lebih dioptimalkan.

Menurutnya, hadirnya Horison Nayumi menjadi  bukti semakin besarnya geliat ekonomi di Gorontalo. Selain itu, hadirnya Horison Nayumi mengindikasikan adanya kepercayaan investor terhadap kondisi daerah.

Baca juga : Gregetan, Jokowi Minta Ganti Investor Yang Lelet

"Kami akan terus mengembangkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata. Untuk pasokan listrik sudah surplus, kini tinggal pihak maskapai menambah jadwal penerbangan dan menurunkan ongkos pesawat agar kunjungan turis ke Gorontalo meningkat,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/8).

Walikota Gorontalo Marten Taha menilai, hadirnya hotel baru ini merupakan wujud dari pertumbuhan ekonomi dan investasi di Gorontalo. 

Marten optimistis prospek bisnis hotel dan wisata daerahnya akan cerah karena saat ini tingkat hunian hotel di kotanya 75-80 persen, sementara 60-65 persen investor sudah menyatakan minatnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat dua hotel berbintang lainnya juga akan dibangun di Gorontalo. 

Baca juga : Menpora Harap Haornas Jadi Momentum Bangkitnya Olahraga

"Saya jamin bahwa hotel ini akan berkembang. Ini dilakukan demi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui investasi," katanya.

Direktur Utama PT Wisata Surya Timur Rusjdi Basalamah sebagai pemilik hotel yang mempercayakan pengelolaannya pada grup MGM pemilik label Horison mengaku, sempat ada keraguan ketika ingin membangun hotel. Namun, sebagai putra daerah Gorontalo bertekad ingin membangun tempat kelahirannya.

Bermula dari dirinya yang sering bolak balik ke Gorontalo dan selalu mendapai hunian hotel selalu penuh. Kemudian, obrolan dengan Walikota Gorontalo yang mengaku, selalu pusing jika ada event berstandar internasional, sementara hotel terbatas.

"Seperti simbiosis mutualisme saja. Jika memang nantinya ada investor, semua pengusaha butuh dukungan pemda agar uang yang ditanam tidak sia-sia atau terbengkalai lama," jelasnya.

Baca juga : Hoaks, Anies Ajukan Bukti Otentik ke Panitera Mahkamah Internasional Untuk Menangkan Prabowo

Berkonsep resor kota, Horison Nayumi memiliki 102 kamar dan 14 vila. Ini  merupakan hotel ke-49 di bawah manajemen MGM di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, MGM juga menggunakan 70 persen pekerja lokal untuk menjalankan hotel tersebut. Tidak mudah, karena harus menanamkan budaya kerja dan profesionalisme sesuai standar agar kualitas layanan sama dengan Horison lainnya di seluruh Indonesia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.