Dark/Light Mode

Hoaks, Anies Ajukan Bukti Otentik ke Panitera Mahkamah Internasional Untuk Menangkan Prabowo

Sabtu, 13 Juli 2019 06:08 WIB
Tangkapan layar akun Facebook yang mengunggah foto Anies diklaim tengah mengajukan bukti otentik ke Mahkamah Internasional. (Foto: Istimewa)
Tangkapan layar akun Facebook yang mengunggah foto Anies diklaim tengah mengajukan bukti otentik ke Mahkamah Internasional. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di media sosial, beredar postingan yang menampilkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan narasi sebagai berikut : “MOHON DO’ANYA, KEMENANGAN PRABOWO DIDEPAN MATA, HAKIM MAHKAMAH INTERNASIONAL AKAN MENENTUKAN HUKUMAN PADA TANGGAL 17 JULI 2019. DISIARKAN LIVE DI NASDAQ TV.  #save_prabowo” dengan narasi di foto sebagai berikut : “HARI INI GOOBERNUR ANIS MENUNJUKKAN BUKTI OTENTIK KE PANITERA MAHKAMAH INTERNASIONAL. DOA’KAN, KEMENANGAN PRABOWO DI DEPAN MATA, KEPUTUSAN DIBCAKAN TGL. 17 JULI".

Berdasarkan hasil penelusuran, foto yang menampilkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu tidak sesuai dengan klaim akun tersebut.

Foto tersebut bukanlah saat Anies menunjukkan bukti otentik ke Mahkamah Internasional. Melainkan, saat mantan Rektor Universitas Paramadina itu menjadi tamu kehormatan (guest of honour) oleh Parlemen Kota Otonom Buenos Aires, Argentina pada Oktober 2018. 

Baca juga : DPD Ajak Perantau Minang Kembangkan Geopark Silokek

Anies bukan satu-satunya orang yang menerima penghargaan Tamu Kehormatan dalam Urban 20 (U20) Global Summit di Buenos Aires, Argentina.

Ada Wali Kota Asuncion (Paraguay) Mario Ferreiro, dan Wali Kota Montevideo (Uruguay) Daniel Martinez yang juga menerima penghargaan, yang diserahkan di Ruang Sidang Utama Palacio de la Legislatura de la Ciudad de Buenos Aires oleh ketua dan para pimpinan Dewan Kota Buenos Aires.

Atas penghargaan yang diterimanya itu, Anies mengungkapkan rasa terima kasihnya. Mantan Menteri Pendidikan Nasional ini berharap, penghargaan tersebut akan memperkuat hubungan kerja sama antara Jakarta dan Buenos Aires.

Baca juga : Gelar Bazar, Kemendag Serap Ayam Peternak Untuk Naikkan Harga

“Sebuah penghargaan tersendiri diangkat menjadi tamu kehormatan. Dari seluruh peserta pertemuan U20, hanya tiga orang yang diangkat sebagai tamu kehormatan,” ujar Anies dalam keterangan yang disampaikan melalui akun Twitter-nya pada 30 Oktober 2018 pukul 21.05 WIB.

Tangkapan layar postingan Twitter Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat mengabadikan momen menerima penghargaan menjadi Tamu Kehormatan (Guest of Honour) oleh Parlemen Kota Otonom Buenos Aires, Argentina, 30 Oktober 2018. (Foto: Istimewa)

Pernyataan ini bisa diakses melalui link https://twitter.com/aniesbaswedan/status/1057483635064954880, Anies juga menautkan postingan tersebut ke link instagram.com/p/BplHxNkHqd1/. 

Link liputan6.com yang memberitakan  Gubernur DKI Anies Baswedan saat menjadi Tamu Kehormatan (Guest of Honour) di acara U20 Global Summit, Buenos Aires, Argentina, 31 Oktober 2018. (Foto: Istimewa)

Sejumlah link berita media mainstream juga memberitakan foto tersebut sebagai momen Anies menjadi Tamu Kehormatan (Guest of Honour) di acara U20 Global Summit, Buenos Aires, Argentina pada 30 Oktober 2018. Bukan momen menunjukkan bukti otentik ke Mahkamah Internasional, yang ditujukan untuk memenangkan Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019, sebagaimana viral di media sosial.

Baca juga : Prabowo Dipastikan Tidak Akan Gugat Sengketa Pilpres 2019 ke Mahkamah Internasional

Link berita tersebut antara lain adalah https://www.liputan6.com/global/read/3680988/foto-anies-baswedan-jadi-tamu-kehormatan-u20-global-summit-di-argentina, https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/18/10/31/phgarc282-anies-dapat-gelar-tamu-kehormatan-dari-parlemen-buenos-aires, https://www.jawapos.com/jpg-today/01/11/2018/bertolak-ke-argentina-anies-dapatkan-gelar-tamu-kehormatan/, https://metro.sindonews.com/read/1350662/171/anies-dapat-gelar-tamu-kehormatan-dari-parlemen-kota-buenos-aires-1540955325. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.