Dark/Light Mode

Cegah Kebakaran Kilang Terjadi Lagi

Pertamina Sudah Tambah CCTV Dan Penangkal Petir

Sabtu, 8 April 2023 07:30 WIB
Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI di gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (4/4/23). Rapat membahas penjelasan terkait meledaknya kilang Pertamina RU (refinery unit) II Dumai Riau dan rencana mitigasi kecelakaan seluruh infrastruktur Pertamina. (Foto: Dwi Pambudo/RM).
Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI di gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (4/4/23). Rapat membahas penjelasan terkait meledaknya kilang Pertamina RU (refinery unit) II Dumai Riau dan rencana mitigasi kecelakaan seluruh infrastruktur Pertamina. (Foto: Dwi Pambudo/RM).

 Sebelumnya 
“Makanya, kami tambah LPS. Sekarang sudah dipasang di se­jumlah titik dan cukup memadai. Serta menambah kamera pengawas/CCTV (Closed Circuit Television)” katanya.

Tak hanya itu, modernisasi kilang juga dilakukan melalui revitalisasi dengan proyek Re­finery Development Master Plan (RDMP).

“Dua-tiga tahun terakhir, kami sedang revitalisasi kilang lewat RDMP. Yang terbesar, di Balik­papan,” ucapnya.

Berbagai peningkatan terse­but, juga dipastikan oleh Wakil Komisaris Utama Pertamina, Pahala Nugraha Mansury.

Baca juga : Cegah Insiden Serupa Terulang, Pertamina Perkuat Budaya Kerja Berbasis Safety

Dari pantauan Rakyat Merde­ka, Pahala yang juga Wakil Menteri BUMNI ini mengun­jungi dua lokasi di Balongan.Yaitu RUVI Balongan dan In­tegrated Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Balongan yang lokasinya berdekatan.

Mantan bos Bank Mandiri ini meninjau fasilitas sarana dan opera­sional, serta command center yang ada di sekitar area kilang.

Ia menegaskan, bila ditemu­kan ada kelalaian dan hal lain­nya, manajemen harus menin­daklanjutinya.

“Jika ada kelalaian, dipastikan manajemen tidak ragu un­tuk membebastugaskan dan memberhentikan (karyawan),” katanya.

Baca juga : Seluruh Korban Ledakan Kilang Pertamina Dumai Sudah Tinggalkan RS

Kini, infrastruktur kilang dan Integrated TBBM Balongan siap mendukung Satuan Tugas Rama­dan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) Pertamina 2023, yang mulai bertugas pada 1 April 2023.

Mengingat Integrated TBBM Balongan merupakan terminal terintegrasi antara BBM, LPG dan RUVI Balongan yang me­nyuplai BBM (Bahan Bakar Minyak) ke Terminal Plumpang.

“Setiap hari, dari sini mendis­tribusikan 3.185 KL (Kilo Li­ter) BBM ke SPBUdi wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya, sehingga siap dan bisa antisipasi arus mudik Idul Fitri,” ucapnya.

Pahala menambahkan, meskipun tren penggunaan BBM agak menurun, namun semua SPBUdi jalur mudik dipastikan siaga 24 jam, sehingga ketika ada kekurangan langsung dapat diisi.

Baca juga : Ledakan Kilang Pertamina Dumai Berhasil Diatasi Dalam 9 Menit, Kondisi 5 Korban Stabil

“Pertamina juga telah menyiapkan berbagai inovasi pe­layanan selama mudik, seperti mobil yangki di SPBU. Serta SPBUModular yang ditempat­kan di titik-titik rawan kemacetan dan jalur baru,” katanya.

Terpisah, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Taufik Aditiyawarman mengaku, pihaknya sudah membuat rencana jangka panjang untuk menjaga dan meningkatkan kehandalan kilang hingga tahun 2026.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.