Dark/Light Mode

Keren, WIKA Berhasil Catat Kontrak Baru Rp 20,3 T

Rabu, 28 Agustus 2019 14:05 WIB
Direktur Utama WIKA Tumiyana (ketiga kiri) bersama jajaran direksi perseroan, foto bareng dalam acara Public Expose Live 2019. (Foto: Humas WIKA)
Direktur Utama WIKA Tumiyana (ketiga kiri) bersama jajaran direksi perseroan, foto bareng dalam acara Public Expose Live 2019. (Foto: Humas WIKA)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA berhasil mencatatkan kontrak baru sebesar Rp 20,3 triliun, hingga pekan ketiga Agustus 2019. Perolehan tersebut antara lain berasal dari kesepakatan bisnis (framework agreement) dengan negara-negara Afrika, yang dimediasi Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019 serta Proyek Jakarta International Stadium (JIS).

Sebelumnya, WIKA melalui PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk yang tergabung dalam Konsorsium bersama PT Jaya Konstruksi (Jakon) dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP), ditetapkan sebagai pemenang tender Proyek Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi Jakarta Utara dengan total nilai Rp 4,083 triliun dengan porsi WEGE mencapai 51 persen.

Penetapan pemenang tender tersebut telah berdasarkan evaluasi administrasi, teknis, harga, kualifikasi, klarifikasi dan negosiasi yang dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Baca juga : Pemerintah Suntik PLN Rp 6,5 T

Konsorsium ditunjuk oleh Jakpro sebagai pemenang pada 9 Agustus 2019 sesuai surat bernomor: 012/KU5000/102/VIII/2019 tentang Pengumuman Pemenang atas Pekerjaan Jasa Konstruksi Rancang dan Bangun (design and build) Jakarta International Stadium.

Rencananya, proyek stadion termegah di Jakarta tersebut akan berlangsung selama 26 bulan kalender kerja, dan ditargetkan selesai pada 21 Oktober 2021. Lngkup pekerjaan WIKA dalam proyek ini adalah arsitektur, struktur, dan mechanical electrical plumbing (MEP).

Lebih jauh, stadion ini didesain untuk memenuhi standar Teknik oleh Federasi Sepakbola Dunia/FIFA (Fédération Internationale de Football Association), dan memiliki kualifikasi green building.

Baca juga : KPK Berhasil Tangkap Umar, Tapi Uang Rp 500 Juta Tak Ada

Direktur Utama Perseroan, Tumiyana mengatakan stadion bertaraf global itu akan dibangun di lahan seluas 30 hektar dengan ketinggian mencapai 70 meter atau setara dengan apartemen 25 lantai, berkapasitas daya tampung 82.000 penonton, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas ritel modern.

“Terpilihnya WIKA Konsorsium sebagai pelaksana pembangunan JIS, menunjukkan bahwa kontraktor Tanah Air mau dan mampu menunjukkan kapasitas dan daya saing konstruksi stadion berskala global. Tidak ada keraguan lagi,” ujar Tumiyana. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.