Dark/Light Mode

Gandeng BUMD, Elnusa Tangkap Peluang Bisnis Migas Di Riau

Jumat, 14 April 2023 23:15 WIB
Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora. (Foto/Dok/Elnusa)
Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora. (Foto/Dok/Elnusa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa Tbk (ELSA) menandatangani nota kesepahaman dengan PT Bumi Laksamana Jaya (BLJ), yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bengkalis, Riau. Kerja sama ini terkait pengembangan bisnis dan evaluasi di bidang minyak dan gas bumi (migas).

Acara penandatanganan disaksikan secara langsung Bupati Bengkalis, Kasmarni. Adapun Elnusa dan BLJ telah bersepakat untuk meningkatkan secara bertahap kapasitas dan kompetensinya di sektor migas.

Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora menegaskan, kerja sama ini adalah bukti nyata komitmen Elnusa kepada stakeholder dalam perwujudan strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis perusahaan ke depan.

"Hal ini juga merupakan salah satu antisipasi atas gejolak industri migas yang makin kompetitif, sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia nasional dan kandungan lokal dalam pekerjaan migas," kata John.

Melalui kerja sama ini, Elnusa memiliki peran sebagai penyedia jasa energi yang memiliki Solusi total atas berbagai kompetensi yang handal mulai dari jasa Hulu Migas, jasa Distribusi & Logistik Energi dan jasa Penunjang Migas.

Baca juga : Kemendes PDTT Dukung BUM Desa Hidupkan Permainan Tradisional

Tak hanya itu, Elnusa juga telah berpengalaman bekerja selama 53 tahun di berbagai wilayah kerja di Indonesia maupun luar negeri, dalam mendukung capaian target Produksi migas di Indonesia.

John menambahkan, bahwa keunggulan yang dimiliki PT Bumi Laksamana Jaya, disertai dengan pengalaman dan kapabilitasnya, akan melengkapi Elnusa untuk bisa tumbuh lebih kuat.

Kata dia, tidak hanya di wilayah Kabupaten Bengkalis sebagai lokasi operasi Pertamina Hulu Rokan yang merupakan salah satu perusahaan afiliasi Elnusa di bawah Subholding Hulu Pertamina Hulu Energi, namun juga diluar Kabupaten Bengkalis.

"kerja sama-kerja sama saling menguntungkan di bidang minyak dan gas bumi serta bisnis-bisnis lainnya, bisa dijajaki bersama,” tutur John.

Direktur Utama BLJ Abdul Rahman dalam sambutannya mengatakan, dengan kerjasama ini penyerapan tenaga kerja lokal di Elnusa ke depannya dapat lebih ditingkatkan.

Baca juga : Mendes PDTT: Idul Fitri Dongkrak Perputaran Uang Di Desa

Seperti memberikan peluang lebih bagi tenaga kerja lokal di daerah, sehingga bisa mengurangi pengangguran.

"Dari harapan tersebut pada akhirnya kami berharap mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah khususnya maupun nasional,” Kata Abdul.

Bupati Bengkalis Kasmarni menyadari, bahwa kerja sama kedua ini merupakan potensi yang sangat bernilai strategis, dalam upaya membuka peluang pengembangan bisnis antara Elnusa dan BLJ.

"Kedepannya kami yakin, pasti akan berdampak positif pula terhadap pembangunan dan perekonomian daerah, khususnya Kabupaten Bengkalis,” katanya.

Kasmarni juga berharap melalui kerja sama ini nantinya, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, serta meningkatkan kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh.

Baca juga : Gandeng BNI, PUPR Bahas Pengelolaan Sampah Di IKN

Pihaknya berharap, melalui kerja sama ini, dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kedua belah pihak, yakni Elnusa dan BLJ serta Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Dan tentunya secara bersama-sama pula kita mampu memberikan manfaat yang sangat besar, luas serta berkualitas bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis secara keseluruhan, agar kedepannya lebih bermarwah, maju dan sejahtera," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.