Dark/Light Mode

Kemendes PDTT Dukung BUM Desa Hidupkan Permainan Tradisional

Jumat, 14 April 2023 15:59 WIB
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (kedua kiri) saat mengunjungi BUMDesa Bangun Sejahtera di Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah. (Dok. Kemendes PDTT)
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (kedua kiri) saat mengunjungi BUMDesa Bangun Sejahtera di Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah. (Dok. Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendukung Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang mempunyai unit usaha menghidupkan permainan tradisional.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan permainan tradisional merupakan salah satu unit usaha unik untuk mengingatkan kembali kenangan masa kecil. Sekaligus melestarikan budaya tradisional desa sebagai bagian dari pembangunan desa.

"Permainan tradisional itu bagus dilestarikan di ruang seperti ini. Bisa memunculkan kenangan masa kecil. Apalagi kalau permainan itu dekat dengan budaya. Nostalgianya dapat, pembangunan desanya juga bisa terarah," kata menteri yang akrab disapa Gus Halim ini, saat mengunjungi BUMDesa Bangun Sejahtera Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (14/4/2023).

BUMDesa Bangun Sejahtera memiliki beberapa unit usaha. Di antaranya Ayodya Sports & Edutainment Center yang terdiri dari gelanggang renang, eco-learning space, sewa gedung, catering, dan event organizer.

Baca juga : Kemendes PDTT Terapkan Teknologi Tepat Guna ke Desa Tertinggal

BUMDesa ini telah berhasil membuka lapangan kerja. Sedikitnya ada tujuh pegawai yang direkrut dengan gaji UMR. Selain unit usaha, ada beberapa kegiatan yang dilangsungkan dan menarik perhatian masyarakat.

Di antaranya, Ayodya Sunday Morning, mancing mania, lomba renang, festival balon udara, kompetisi bulu tangkis, kompetisi sepak bola, dan kompetisi bola voli.

Terkait dengan sejumlah unit usaha dan event yang berhasil digelar, Gus Halim mengapresiasi atas kerja keras seluruh pengurus BUMDesa.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan sebesar Rp 75 juta dengan harapan unit usaha BUMDesa Bangun Sejahtera terus meningkat.

Baca juga : Gus Halim Ingatkan Seluruh Jajaran, Kerja Keras Layani Warga Desa Juga Ibadah

Direktur BUMDesa Bangun Sejahtera, Sigit menyatakan bahwa dukungan Kemendes PDTT akan menjadi energi positif bagi pertumbuhan seluruh unit usaha yang ada.

Dia juga berharap Pemerintah Desa serta masyarakat semakin percaya terhadap kemampuan BUMDesa dalam memberikan manfaat baik terkait dengan SDM maupun pertumbuhan ekonomi.

Sigit mengatakan, kehadiran menteri desa PDDT memberi energi baru kami di BUMDesa dan menjadi momentum membangun sinergi BUMDesa - Pemdes.

Sigit mengakui, BUMDesa terus berproses untuk bisa mengelola aset desa menjadi aset produktif yang bisa memberi manfaat maksimal untuk masyarakat. Selama ini kata dia, masih terkendala dengan minimnya kepercayaan pemdes terhadap BUMDesa.

Baca juga : Gus Halim: Program Tekad Percepat Pencapaian SDGs Desa

"Alhamdulillah dalam 2 tahun ini BUMDesa mampu membuktikan kepada masyarakat dan Pemdes. Di samping manajemen yang sehat, kami mampu memberi kontribusi PADes," pungkas Sigit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.