Dark/Light Mode

Lebaran Sudah Lewat

Duh, Harga Pangan Kok Masih Tinggi Aja

Kamis, 27 April 2023 06:45 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. (Foto: Antara).
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Setelah Lebaran ini, Bapanas akan terus meningkatkan pendis­tribusiannya, agar penyaluran kepada total 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahap pertama segera selesai. Dengan begitu, akan diikuti penyaluran tahap kedua dan ketiga.

Begitu juga dengan pendistri­busian bantuan pangan, telur dan daging ayam untuk menurunkan stunting. Target penyaluran 78 ribu paket bantuan telur dan daging ayam sebelum Lebaran telah tercapai. Selanjutnya, pendistribusian terus dilakukan kepada 1,4 juta penerima.

Diterangkan Arief, saat ini Bapanas juga melakukan pengecekan keamanan pangan segar melalui Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) Pusat dan Daerah, yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Ba­dan Usaha Milik Negara (BUMD) serta asosiasi pedagang.

Baca juga : Pasca Libur Lebaran, Rupiah Dibuka Perkasa

Sebelumnya, Sekretaris Jen­deral Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sari­jowan mengungkapkan, daging sapi, bawang merah, beras dan gula pasir menjadi komoditas pangan yang mengalami lonjakan harga pasca Lebaran 2023.

“Penanganan kurang maksi­mal dari Pemerintah menyebab­kan harga komoditas pangan ini masih tinggi. Kami men­dorong agar Pemerintah serius melaksanakan pemantauan dan distribusi, sehingga kenaikan harga bisa diantisipasi,” kata Reynaldi.

Berdasarkan pantauan Rakyat Merdeka di situs web Informasi Pangan Jakarta, harga daging sapi masih di atas Rp 150 ribu per kilogram (kg), naik tinggi dari harga normal di rata-rata Rp 120 ribu per kg.

Baca juga : Pasca Lebaran, Lestari Yakin Semangat Persaudaraan Semakin Meningkat

Untuk gula pasir, harga rata-rata masih Rp 14.648 per kg, jauh lebih tinggi dari harga normal Rp 12.500 per kg. Se­dangkan beras IR 46 dijual rata-rata Rp 12.305 per kg, biasanya hanya Rp 12 ribu per kg.

Komoditas bawang merah juga masih mengalami kenaikan harga yang signifikan dengan harga jual rata-rata Rp 51.964 per kg, jauh melambung dari harga normal yang rata-rata Rp 35 ribu per kg.

Sementara untuk harga ayam ras, saat ini masih Rp 48 ribu per ekor. Padahal, di hari normal harganya hanya Rp 35 ribu per ekor. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.