Dark/Light Mode

Puncak Arus Balik Kedua Penyeberangan Lancar, ASDP Apresiasi Seluruh Stakeholder

Senin, 1 Mei 2023 19:13 WIB
Foto: ASDP.
Foto: ASDP.

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun ini terwujud berkat sinergi dan kolaborasi seluruh stakeholder.

Untuk layanan arus balik penyeberangan dari Sumatera menuju Jawa menjadi fokus, mengingat tingginya angka pemudik di kedua pulau besar ini.

Baca juga : Arus Mudik Dan Balik Lancar, HIPMI Puji Menhub Dan Kapolri

Namun, dipastikan infrastuktur pelabuhan sangat memadai untuk melayani lonjakan pemudik. Dengan daya tampung Pelabuhan Bakauheni yang mencapai 39 ribu unit kendaraan, volume kendaraan yang terus meningkat pasti akan terserap.

Bahkan, Pemerintah juga menyiapkan rencana cadangan jika Pelabuhan Bakauheni telah melampaui kapasitas, yaitu pengalihan arus kendaraan ke Pelabuhan Panjang atau Pelabuhan BBJ.

Baca juga : Batik Air Buka Penerbangan Jakarta-Kunming

Hal positif dalam penyelenggaran layanan arus mudik dan balik tahun ini, baik di Merak-Bakauheni maupun di tempat lain. Di antaranya, pemudik yang kooperatif untuk membeli tiket secara daring jauh-jauh hari, dan jumlah pengguna sepeda motor yang menurun. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.