Dark/Light Mode

Top! Elnusa Cetak Laba Bersih Rp 115 Miliar Di Kuartal I-2023

Selasa, 2 Mei 2023 18:59 WIB
Ilustrasi. (Dok. Elnusa)
Ilustrasi. (Dok. Elnusa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa (Tbk) membukukan laba bersih Rp 115 miliar di awal tiga bulan pertama 2023, tumbuh 53 persen (year on year/yoy) dibandingkan perolehan tahun 2022 di periode yang sama sebesar Rp 75 miliar.

Perseroan membukukan pendapatan usaha konsolidasi sebesar Rp 3,1triliun, tumbuh 29 persen (yoy) dibandingkan perolehan tahun lalu di periode yang sama 2022 sebesar Rp 2,4 triliun.

Pendapatan usaha konsolidasi ini dikontribusikan melalui segmen jasa distribusi & logistik energi sebesar 55 persen, jasa hulu migas 32 persen dan jasa penunjang 13 persen.

Corporate Secretary Elnusa, Asmal Salam menjelaskan, Kinerja Elnusa pada kuartal I-2023 ini merupakan upaya management yang konsisten mencakup fundamental perusahaan yang kuat untuk terus menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga : Ratusan Petani Tebu Di OKI Bersilaturahmi, Siap Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

Fundamental tersebut dibangun pada tiga kegiatan usaha di jasa hulu migas, jasa distribusi & logistik energi dan jasa penunjang migas yang menawarkan solusi total dan kebermanfaatan yang lebih unggul, diversifikasi portofolio yang solid di semua segmen.

Serta peningkatan daya saing atas produk dan jasa yang ditawarkan ke pasar.

Pertumbuhan pada capaian ini didorong atas peningkatan pada segmen jasa distribusi dan logistik energi pada unit jasa transportasi BBM, peningkatan volume penjualan BBM Inmar dan manajemen depo.

"Sementara itu, pada segmen jasa hulu migas terdapat peningkatan produktivitas pada jasa drilling dan well services,” Kata Asmal.

Baca juga : Naik 47 Persen, Impack Pratama Cetak Laba Bersih 121 M

Perseroan juga menunjukan kinerja yang solid dengan mencatatkan pertumbuhan Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation and Amortization (EBITDA) sebesar Rp 345 miliar, meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 yakni Rp 248 miliar atau tumbuh sebesar 39 persen.

Adapun jumlah kas dan setara kas perseroan per 31 Maret 2023 mencapai Rp 2,063triliun, tumbuh 82 persen dari periode yang sama pada tahun 2022 sebesar Rp 1,133 triliun.

Secara capital expenditure, Elnusa telah menyerap 31 persen belanja modal dari anggaran Rp 500 miliar di tahun 2023 ini.

Adapun sebagian besar atau 63 persen dialokasikan untuk untuk pertumbuhan bisnis, 35 persen dialokasikan untuk maintain capacity dan sisanya digunakan untuk non-project.

Baca juga : Kinerja Moncer, PTBA Raih Laba Bersih Rp 1,2 Triliun Di Triwulan I-2023

Melihat capaian yang gemilang pada 2023 ini menjadikan Elnusa untuk terus melanjutkan langkah bisnis untuk terus bertumbuh hingga menutup tahun 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.