Dark/Light Mode

SME`s HUB ASEAN Summit, Momentum UMKM Pertamina Menuju Pasar Dunia

Senin, 8 Mei 2023 18:20 WIB
UMKM mitra binaan Pertamina. (Dok. Pertamina)
UMKM mitra binaan Pertamina. (Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya menuju pasar dunia, salah satu upayanya melalui partisipasi pada perhelatan Side Event SME’s HUB ASEAN SUMMIT yang digelar pada 9 - 13 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

SME’s HUB ASEAN Summit merupakan side event ASEAN SUMMIT yang secara khusus menjadi ajang kegiatan bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan karya kreatifnya. Acara ini sekaligus menjual produk unggulannya kepada para Delegasi ASEAN SUMMIT.

Pada forum bergengsi tersebut, Pertamina menghadirkan produk unggulan 8 UMKM di sektor craft dan produk unggulan 8 UMKM di sektor makanan. Produk ini berasal dari Rumah BUMN (RB) Lombok Timur dan RB Klungkung, Bali, serta eksposure kegiatan CSR Pertamina.

Baca juga : Sukseskan KTT ASEAN, Telkomsel Perkuat Jaringan Di Labuan Bajo

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina sebagai perusahaan energi nasional berperan penting dalam mengembangkan ekonomi Indonesia melalui program-program yang mendorong pertumbuhan UMKM.

"Selain itu melalui kegiatan SME’s HUB ASEAN Summit ini, diharapkan para pelaku UMKM mendapat kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan para delegasi dari negara-negara ASEAN dalam memperluas jaringan bisnis mereka," kata Fadjar dalam keterangan resmi.

Melalui SME’s HUB ASEAN Summit 2023, para UMKM mendapatkan semangat baru serta rasa percaya diri dan optimis bahwa peluang untuk bisa menembus pasar dunia semakin terbuka lebar.

Baca juga : Blusukan Ke SPBU, Menteri ESDM Minta Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Fadjar menambahkan, SME’s HUB Summit merupakan momen yang tepat bagi pelaku UMKM untuk unjuk gigi dan memperkenalkan produk-produk mereka ke pasar dunia sehingga mampu meningkatkan daya saing di pasar global.

Perhelatan akbar ini juga menjadi momentum yang harus dimanfaatkan seluruh masyarakat, mengingat kegiatan yang dihelat di Daerah Pariwisata Super Prioritas ini bisa memberikan dampak positif tidak bagi para pelaku UMKM Binaan Pertamina.

"Hal tersebut sejalan SDG’s 8, dimana perusahaan terus mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, secara intens melakukan pendampingan dan mendukung UMKM binaannya untuk memperluas pangsa pasar dengan membuktikan kualitas produk UMKM ke pasar internasional,” tutur Fadjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.