Dark/Light Mode

SME`s HUB ASEAN Summit, Momentum UMKM Pertamina Menuju Pasar Dunia

Senin, 8 Mei 2023 18:20 WIB
UMKM mitra binaan Pertamina. (Dok. Pertamina)
UMKM mitra binaan Pertamina. (Dok. Pertamina)

 Sebelumnya 
Dalam kegiatan SME’s HUB ASEAN Summit, UMKM binaan Pertamina memperkenalkan berbagai produk unggulan seperti kerajinan mutiara, anyaman bambu, kain tenun, kerajinan tangan berbahan dasar goni, kipas lukis dan aneka produk makanan khas Lombok.

D’etnic Istana Mutiara Lombok hadir dengan produk unggulannya yang dipersiapkan untuk perhelatan KTT ASEAN 2023 ini.

Mereka tetap memunculkan indentitasnya sebagai kerajinan bernuansa etnic.

Baca juga : Sukseskan KTT ASEAN, Telkomsel Perkuat Jaringan Di Labuan Bajo

"Kami mempersiapkan produk jauh-jauh hari untuk event ini. Peminat mutiara di Asia Tenggara lumayan besar, buyer kami juga sekitar 70 persen berasal dari Asia Tenggara seperti Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia, ini merupakan ajang yang tidak boleh kami sia-siakan,” ujar owner D’etnic Istana Mutiara Lombok Janual Aidi.

Turut hadir EthneeQ dan Uwais Craft, keduanya merupakan usaha pedagangan industri fashion yang memproduksi tas berbahan dasar alam yang menjadikan kain goni sebagai bahan utamanya serta penggunaan kain nusantara sebagai kombinasi guna menonjolkan budaya Indonesia.

Keduanya juga mengembangkan bisnisnya dengan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait guna menghasilkan produk berkualitas yang ramah lingkungan.

Baca juga : Blusukan Ke SPBU, Menteri ESDM Minta Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Menariknya, Uwais Craft dan EthneeQ memanfaatkan sisa kain yang dikombinasikan pada produk mereka, guna mengurangi limbah tekstil.

Tidak kalah memukau, UMKM Sinar Pande menawarkan berbagai macam kerajinan mulai dari lukisan wayang khas Kamasan, kipas lukis, hingga souvenir.

Sementara di sektor makanan, hadir juga produk unggulan hasil dari olahan rumput laut, kacang mete, sambel khas lombok, kripik pisang, black garlic, bawang nunggal yang di kombinasikan dengan madu, dan kripik brownis. Semua diolah tanpa menggunakan bahan pengawet atau produk kimia lainnya.

Baca juga : Dongkrak Omzet, UMKM Binaan Pertamina Ikuti Bazar Ramadan

Bertaburannya produk UMKM di Side Event perhelatan KTT ASEAN ke-42 ini diharapkan dapat memberikan kesan istimewa di hati para tamu kenegaraan maupun para wisatawan domestik dan mancanegara.

"Diharapkan produk-produk UMKM ini bisa dibawa sebagai oleh-oleh ke negaranya masing-masing sehingga selain menjadi lebih di kenal, tentu saja sebagai ajang promosi yang sangat efektif," pungkas Fadjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.