Dark/Light Mode

Lewat Tokopedia, Penjualan Sajada Universa Naik 5 Kali Lipat Selama Ramadan

Rabu, 10 Mei 2023 12:46 WIB
Tokopedia ungkap tren belanja selama Ramadan-Lebaran 2023 di Jakarta, Selasa (9/5).(Foto: Merry Apriyani/Rakyat Merdeka)
Tokopedia ungkap tren belanja selama Ramadan-Lebaran 2023 di Jakarta, Selasa (9/5).(Foto: Merry Apriyani/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Momen Ramadan hingga Lebaran 2023 telah dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di Indonesia.

Para UMKM lokal berlomba menciptakan peluang bisnis online bahkan mendongkrak penjualan, mengingat daya beli masyarakat cenderung meningkat.

Melalui platform Tokopedia, Renato Akbar pelaku usaha Universa Sajadah mengaku penjualan meroket selama Ramadan.

Baca juga : Tebar Kebaikan, Relawan Ganjar Milenial Center Bangun Paving Blok di Lebak Banten

"Bulan biasa omzet Rp 100 juta kurang lebih. Ramadan mencapai lebih dari Rp 500 juta," ungkap Akbar di gedung Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (9/5).

Universa Sajadah telah bergabung di Tokopedia sejak awal berdiri pada 2014.

“Kini hampir 50 persen penjualan Universa Sajadah berasal dari Tokopedia. Angka ini mendominasi jika dibandingkan dengan platform penjualan lainnya,” ujar Akbar.

Baca juga : Megawati Dorong Pembuatan Roadmap Pembangunan Bali Jangka Panjang

Dalam menjalankan usahanya, Akbar memberdayakan sejumlah penjahit lokal di Depok, Jawa Barat, untuk memproduksi sajadah, sarung hingga mukena.

“Ramadan menjadi momen yang membawa berkah bagi kami sehingga bisa menggandeng lebih banyak tenaga kerja lepas untuk mengatasi lonjakan pesanan," ujar Akbar. 

Kisah sukses lainnya datang dari pelaku usaha makanan Brulee. Berbekal resep turun-temurun warisan keluarga, pasangan suami-istri Reza Harisky dan Sarila Danubrata serta rekannya Chaka Ramadhan mendirikan Bruule pada Maret 2020.

Baca juga : BSI Maslahat Salurkan Program Kebaikan Hingga Rp 7,9 Miliar Selama Ramadan

Kehadiran Bruule merupakan upaya terakhir dari Sarila dan rekan-rekan untuk bertahan hidup karena bisnis perhotelan yang dimiliki Reza tumbang akibat pandemi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.