Dark/Light Mode

H-6 Lebaran, Pemudik Ferry Tujuan Sumatera Mulai Ramai, Naik Hampir 2 Kali Lipat Dibanding Tahun Lalu

Minggu, 16 April 2023 16:19 WIB
Antrian motor di pelabuhan Bakauheni. (Foto: ASDP)
Antrian motor di pelabuhan Bakauheni. (Foto: ASDP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Lebaran, arus mudik ke Sumatera mulai ramai terlihat pada H-6 di Pelabuhan Merak, Banten. Meskipun trafik penumpang dan kendaraan dari Pulau Jawa menuju Sumatera masih belum begitu padat. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan bahwa pada H-7 hingga H-1, tercatat total reservasi dari Merak menuju Bakauheni sebanyak 28.536 kendaraan atau baru sekitar 20,67 persen. 

Reservasi tertinggi terjadi pada 19 April 2023 atau H-3 sebanyak 3.628 kendaraan atau sebanyak 18,40 persen.

Pelabuhan Merak

Data Posko Merak selama 24 jam menunjukkan bahwa pada H-7 tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 37 unit kapal. Realisasi total penumpang mencapai 74.104 orang atau naik 72 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Jumlah pemudik pejalan kaki juga mengalami peningkatan, pada H-7 sebanyak 4.696 orang, atau naik 129 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Baca juga : Jelang Ramadan, Penjualan Daging dan Bawang Di Tokopedia Naik 4 Kali Lipat

Sedangkan realisasi kendaraan roda empat mencapai 9.305 unit atau naik 70 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu. Truk logistik yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera mencapai 2.676 unit atau naik 4 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu. 

Total kendaraan yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H-7 mencapai 16.492 unit yang naik 68 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Peningkatan arus mudik terjadi sejak H-10 hingga H-7, tercatat 186.023 orang atau naik 16 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu. Total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 45.347 unit atau naik 15 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu.

Pelabuhan Ciwandan

Dari pelabuhan Ciwandan, tercatat jumlah reservasi tiket roda dua rute Ciwandan - Bakauheni dari H-7 hingga H-1 sebanyak 16.875 unit atau baru sebesar 17,41 persen. Reservasi tertinggi sebanyak 4.343 unit sepeda motor atau baru mencapai 18,29 persen pada 20 April 2023 atau H-2.

"Peningkatan dapat terlihat dari tren pemudik pejalan kaki yang alami peningkatan. Alhamdullilah, sebagian masyarakat sudah mulai melakukan mudik sejak awal, sehingga dapat menghindari antrian pada saat puncak arus," kata Shelvy.

Baca juga : Ini Catatan Penting Prof. Tjandra Di Hari Ulang Tahun PDPI Ke-49

Pada rute Ciwandan-Panjang yang dilayani oleh KM Dobonsolo (Pelni), tercatat jumlah reservasi sebanyak 2.614 unit sepeda motor atau 69,71 persen dengan reservasi tertinggi pada H-2 sebanyak 1.444 unit sepeda motor atau 57,76 persen.

Sementara itu, dari pemberangkatan perdana pemudik motor via Pelabuhan Ciwandan pada Sabtu (15/4) dini hari hingga Minggu siang ini total sudah 4.129 unit roda dua yang diangkut, lalu truk logistik sebanyak 1.171 unit. Sehingga total jumlah kendaraan yang dilayani dari Ciwandan sebanyak 5.300 unit.

Sejauh ini, trafik roda dua dan truk logistik via Pelabuhan Ciwandan masih ramai mengalir, terlihat ada delapan kapal yang melayani dari Ciwandan, yakni KMP. Rishel, KMP. Raja Rakata, KMP. Trimas Fadhila, KM Mutiara Ferrindo 7, KMP. Athaya, KMP. Amadea, KMP. ALS Elvina, dan KMP Kumala.

Pelabuhan Bakauheni

Namun, di Posko Bakauheni, tercatat realisasi total penumpang mencapai 38.608 orang atau naik 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan, tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 4.360 unit atau naik 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Untuk truk logistik yang telah menyebrang dari Sumatera ke Jawa mencapai 2.276 unit atau turun 16 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Baca juga : Masyarakat Makin Bingung

Total seluruh kendaraan tercatat 7.550 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H-7 atau naik 4 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. 

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga H-7 tercatat 121.799 orang atau naik 5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 27.958 unit atau naik 4 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Mengingat tren pergerakan kendaraan dan penumpang di lintasan tersibuk Merak - Bakauheni, pengguna jasa diwajibkan membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang karena tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan. 

Demi kenyamanan para pemudik, diharapkan tidak membeli tiket di calo dan mengisi data diri untuk manifest dengan lengkap dan benar untuk terlindungi asuransi penyeberangan.

Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

"Para pemudik diharapkan mengisi data diri untuk manifest dengan lengkap dan benar, jangan gunakan data diri orang lain. Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan," tutup Shelvy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.