Dark/Light Mode

PLN Pasok Batubara Ke 2 PLTU Di Kaltim

Rabu, 10 Mei 2023 16:49 WIB
Penandatangan kerja sama PLN Batubara Niaga PT Cahaya Fajar Kaltim dan PT Indonesia Energi Dinamika. (Foto: Ist)
Penandatangan kerja sama PLN Batubara Niaga PT Cahaya Fajar Kaltim dan PT Indonesia Energi Dinamika. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Batubara Niaga memasok kebutuhan batubara ke PLTU IPP Embalut/Embalut Expansion dan PLTU Kaltim 4.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangah kontrak dengan Batubara PT Cahaya Fajar Kaltim dan PT Indonesia Energi Dinamika pada Selasa (9/5). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PLN Batubara Niaga Kanapi Subur Dwiyanto dan Direktur Utama PT Cahaya Fajar Kaltim dan PT Indonesia Energi Dinamika Daniel Mahendra.

Penandatangan juga disaksikan oleh owner PT CFK dan PT Indoeka Tirto Sulun serta Dirut PLN Energi Primer Indonesia Iwan Agung Firstantara.

Baca juga : Nenek Rampok Bank Tiga Kali

Kanapi Subur Dwiyanto mengatakan, komitmen dari PLN Batubara Niaga untuk dapat memenuhi kebutuhan batubara terhadap semua PLTU di Tanah Air. Dalam memenuhi kebutuhan batubara, PLN Batubara akan menyediakan batubara kepada PLTU IPP Embalut/Embalut Expansion sebanyak 720 ribu MT dan kepada PLTU Kaltim 4 sebanyak 1.150.000 MT.

Iwan Agung Firstantara mengatakan, batubara merupakan salah satu inti dari bisnis EPI selain gas, BBM, dan Biomassa. “Bisnis ini tidak sekadar untuk memenuhi kebutuhan dua belah pihak semata, namun juga dalam memenuhi kebutuhan energi listrik bagi masyarakat Tanah Air,” jelas Iwan Agung.

Saat ini, batubara merupakan salah satu bahan baku yang paling murah dalam produksi listrik yang akan berdampak pada tarif listrik serta subsidi dari pemerintah. “Meskipun demikian spesifikasi sesuai batubara yang digunakan harus sesuai dengan COA,” tambah Iwan.

Baca juga : Ormas Banten Tebar Ratusan Takjil Di Jatimakmur

Sedangkan volume pengiriman untuk memenuhi kebutuhan PLN BBN ke PT Cahaya Fajar Kaltim PLTU IPP Embalut Unit 1 & 2 dengan kapasitas 2 x 30 MW dan Ekspansi (1x60 MW). Selain itu juga untuk PLTU IPP Kaltim 4 dengan Kapasitas 2 x 110 MW, dengan total 220 MW.

Adapun pengiriman batubara PT BBN per bulan mencapai 110.000 MT dengan total per tahun yang mencapai 1.1 juta MT Batubara yang disuplai juga disepakati memiliki kualitas kalori (CGV) (kCal/Kg AR) dengan standar 3800-4200 kCal/Kg (AR).

Rencananya pengiriman pertama pada Mei 2023 untuk PLTU IPP Embalut di Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kaltim.

Baca juga : IKN Diyakini Sejahterakan Kehidupan Seniman Dan Budayawan Kaltim

Sedangkan Daniel Mahendra mengungkapkan bahwa ini merupakan sebuah kehormatan karena dipercaya oleh pihak EPI dalam memenuhi kebutuhan batubara dari PLN Batubara Niaga.

“Semoga dengan kerja sama ini PLTU IPP Embalut/Embalut Expansion dan PLTU Kaltim 4 dapat memenuhi kebutuhan energi di wilayah Kaltim yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tambah Daniel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.