Dark/Light Mode

Gandeng Dinkes Jabar, Sido Muncul Gelar Operasi Katarak Gratis Di Bandung

Jumat, 12 Mei 2023 13:05 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (keempat kiri) dan Gubernjr Jawa Barat Ridwan Kamil (kelima kiri) berserta peserta operaso katarak gratis di RDUD Bandung Kiwari, Selasa (9/5). (Foto: Istimewa)
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (keempat kiri) dan Gubernjr Jawa Barat Ridwan Kamil (kelima kiri) berserta peserta operaso katarak gratis di RDUD Bandung Kiwari, Selasa (9/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk kembali memberikan pelayanan kesehatan melalui penyelenggaraan operasi katarak gratis untuk masyarakat tidak mampu di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Kali ini, Sido Muncul bersama SPBK Perdami Pusat dan Dinas Kesehatan Jawa Barat mengelar operasi katarak gratis untuk 150 penderita katarak di RSUD Bandung Kiwari, Selasa (9/5).

“Kami menyambut baik atas kerja sama yang dilakukan dengan SPBK Perdami Pusat, Dinkes Jawa Barat, dan RSUD Bandung Kiwari, " Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat. dalan keterangannya, Jumat (12/5)

Irwan menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat yang telah mendukung kegiatan ini. Operasi katarak gratis ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya pada bagian penglihatan yang telah dilakukan sejak tahun 2011.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Roti Boy Di Jakarta Pusat

Hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi 55.104 mata di Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin kecil. Sebab orang itu kalau kehilangan penglihatan, 50% kualitas hidupnya hilang, " ujar Irwan.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, masalah katarak itu banyak dan terus bertambah setiap tahunnya.

"Khadiran kami di sini bukan hanya membantu saja, melainkan juga memberitahu kepada orang-orang bahwa katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi,” tambah Irwan.

Baca juga : PPP Gelar Program Green Action Di Semarang

Selain Operasi Katarak Gratis, Sido Muncul juga terus berkomitmen meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat. Sido Muncul juga memberikan operasi bibir sumbing gratis di berbagai wilayah Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi upaya Sido Muncul yang telah memberikan harapan baru bagi penderita katarak.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada Sido Muncul yang sudah membantu rakyat Indonesia," ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Menurut Kang Emil, lebih dari 55.000 mata yang tadinya punya potensi kebutaan (kini) kembali sehat dan membawa kembali produktivitas hidup masyarakat penderita katarak.

Baca juga : Kenal Sejak Di Kopassus, Agum Gumelar Apresiasi Kinerja Prabowo Sebagai Menhan

"Pembangunan negara tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Pihak swasta juga perlu memberikan kontribusi untuk membawa kemajuan bagi pembangunan dan sumber daya manusia di Indonesia," ujar Kang Emil. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.