Dark/Light Mode

Lewat Pemberdayaan UMKM

PLN Peduli-BenihBaik Dorong Potensi Perempuan Pesisir Jepara

Jumat, 12 Mei 2023 20:13 WIB
Pelatihan Pemberdayaan Perempuan Pesisir Kelompok Nelayan Jepara, yang digelar PLN Peduli dan BenihBaik, di Jepara, Kamis (11/5). (Foto: PLN Peduli)
Pelatihan Pemberdayaan Perempuan Pesisir Kelompok Nelayan Jepara, yang digelar PLN Peduli dan BenihBaik, di Jepara, Kamis (11/5). (Foto: PLN Peduli)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melihat besarnya potensi perempuan di pesisir yang dapat mendukung perekonomian keluarga, PLN Peduli dan BenihBaik mengambil langkah dengan melakukan kegiatan Pemberdayaan Perempuan Pesisir Kelompok Nelayan Jepara.
Dalam program yang berlangsung Kamis (11/5), di kawasan pesisir Jepara ini, PT PLN memberikan perahu untuk bapak-bapak nelayan rajungan dan pelatihan untuk ibu-ibunya membuat produk olahran dari rajungan.

Pelatihan ini mengarahkan agar ibu-ibu bisa turut mendukung para suaminya dengan karya. Sehingga, pelatihan pembuatan produk olahan rajungan ini bisa menambah ekonomi keluarga.

Manajer Subbidang Pengelolaan UMK PT PLN (Persero) Taufiq Dwi Nurcahyo mengatakan, ini merupakan program pemberdayaan UKM, terutama perempuan dan difabel. Sebab, perempuan dan difabel itu dianggap kelompok rentan. Perempuan dan difabel sering dianggap minor.

Baca juga : UMKM Solo Didorong Optimalkan Pemasaran Digital

“Kami harap, dengan program ini perempuan dan difabel bisa berdaya dan berkarya. Jadi program ini bukan cuma untuk bapak-bapaknya saja," ujar Taufiq.

Partnership Manager BenihBaik.com Farhan Prastiyan mengungkapkan, program pemberdayaan ini menjadi fokus utama agar bagaimana para perempuan atau ibu-ibu bisa melakukan aktivitas yang bernilai dan bermanfaat secara ekonomi. “Di sini kita melakukan pelatihan untuk membuat alat tangkap rajungan. Asalnya alat tangkap ini harus beli, tetapi sekarang sudah bisa bikin sendiri yang jauh lebih ramah lingkungan,” terang Farhan.

Ada juga pelatihan produksi produk olahan rajungan untuk ibu-ibu. “Jadi, nanti rajungan tidak dijual begitu saja, tetapi juga diolah agar mendapatkan peningkatan nilai ekonomi," sambungnya.

Baca juga : H-4 Lebaran, Pergerakan Arus Mudik Didominasi Penumpang Pesawat

Dampak Positif bagi Istri Nelayan
Nunung, salah seorang istri dari nelayan di Jepara, mengungkapkan bahwa sebelumnya tidak jarang ia dihinggapi perasaan cemas dengan nasib suaminya ketika melaut. “Kalau suami melaut, biasanya saya cuma menunggu. Memasak, mengasuh anak, seperti ibu rumah tangga biasa,” ujarnya.

Tetapi, belakangan Nunung mempunyai aktivitas tambahan yang mampu membuka pintu rezeki yang berdampak positif bagi ekonomi keluarganya. Ia makin mahir membuat bubu (alat perangkap ikan). “Kita belajar dari program PLN Peduli sama BenihBaik.com, alhamdulillah kita banyak belajar bikin produk sampai packaging,” ungkapnya.

Harapan dari program ini, yang dibangun PLN Peduli dan BenihBaik.com akan menjadi keberlanjutan usaha mandiri keluarga nelayan di Jepara. Di kemudian hari, perempuan pesisir Jepara akan kukuh sebagai perempuan berdaya dan berkarya.

Baca juga : Usaha Gerabah Kian Meredup, Ibas Dorong Pengrajin Tetap Eksis Dan Berkembang

Acara ini turut dihadiri Asisten Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (MUP3) Kudus Yoyok Subandiyo, Kepala Biro Infrastruktur & Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri, Camat Jepara Subiyanto, dan Lurah Demaan Surahmin.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.