Dark/Light Mode

Hadirkan Produk Unggulan

2 UMKM Binaan Pupuk Kaltim Meriahkan SME’s Hub ASEAN Summit 2023

Selasa, 16 Mei 2023 13:28 WIB
UMKM binaaan Pupuk Kaltim meriahkan pameran ASEAN Summit 2023. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
UMKM binaaan Pupuk Kaltim meriahkan pameran ASEAN Summit 2023. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua mitra binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), yakni Batik Kuntul Perak dan Batik Beras Basah meriahkan pameran produk UMKM pada agenda SME's HUB ASEAN Summit 2023.

Rangkain acara ini dalam mendukung KTT ASEAN Ke-42, yang berlangsung di Waterfront City Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-13 Mei 2023.

Baca juga : Top! Menteri Jokowi Borong Produk UMKM Binaan PLN Di KTT ASEAN Labuan Bajo

Keduanya tergabung dalam Rumah BUMN bersama binaan Pupuk Indonesia Grup, yang menampilkan beragam produk kategori Craft, Fashion and Beauty, serta Food and Beverage.

Side event KTT ASEAN ini mencakup showcase UMKM lokal, pertunjukan musik, pagelaran seni dan lainnya guna mendorong pasar UMKM Go Internasional.

Baca juga : UMKM Binaan Group MIND ID Meriahkan KTT ASEAN Summit

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi mengatakan, Batik Kuntul Perak dan Batik Beras Basah merupakan batik lokal khas Bontang, yang telah mendapatkan Sertifikat Produk Pengguna Tanda (SPPT) SNI dari Badan Standarisasi Nasional (BSN), dengan kualitas yang telah diakui secara nasional.

Menurutnya, ragam batik kualitas premium hasil karya dua pengrajin lokal ini merupakan salah satu produk unggulan di Bontang dan Kaltim, yang sejauh ini mampu mandiri pasca kesinambungan pembinaan Pupuk Kaltim.

Baca juga : Pertamina Boyong 8 Produk UMKM Unggulan Di Side Event SME’s HUB ASEAN Summit

Mulai dari penyiapan sumber daya manusia (SDM), manajemen pemasaran dan promosi hingga berbagai bentuk pendampingan lainnya.

"Melihat kualitas produk yang dihasilkan, Batik Kuntul Perak dan Batik Beras Basah berhasil lolos kurasi Kementerian BUMN, sebagai salah satu produk unggulan hasil karya Indonesia pada KTT Asean Ke-42 di Labuan Bajo," ujar Sugeng, dalam keterangannya, Selasa (16/5).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.