Dark/Light Mode

Transaksi Digital Naik, Mitra Tokopedia Pertajam Fokus

Sabtu, 15 April 2023 00:13 WIB
Diskusi Mitra Tokopedia. (Foto: Ist)
Diskusi Mitra Tokopedia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia mengupayakan keberlanjutan bisnis dengan mempertajam fokus menjadi platform dengan skala dan lingkup yang lebih spesifik. Hal ini demi terus menghasilkan dampak positif kepada seluruh pihak di dalam ekosistem secara jangka panjang.

“Di aplikasi Mitra Tokopedia, persentase pengguna produk digital (pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lain-lain) jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir (sembako dan produk fisik lainnya),” jelas Head of Mitra Tokopedia, Carlo Yudhistira Praditya, Jumat (14/4).

Melihat data tersebut, Tokopedia mengeliminasi fitur pembelian Produk Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia. Serta fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis Produk Digital dengan harga kompetitif, sehingga pelaku usaha bisa mendapatkan penghasilan lebih.

Baca juga : Tarif Tiket Transjakarta Naik, Michael Sianipar Pertanyakan Kualitas Pelayanan

“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” kata Carlo.

Mitra Tokopedia ini membuka jalan bagi pelaku usaha. Misalnya pemilik warung di Sidoarjo yang mampu bertahan dari pandemi, beromzet belasan juta per hari dan berdayakan ribuan warga. Dia adalah Aditya Hermawan Sanjaya mulai berbisnis sejak kuliah.

Awalnya, ia menjual produk voucher telepon fisik, namun seiring berkembangnya teknologi, Aditya ikut beradaptasi. Saat ini, Aditya telah memiliki warung di Sidoarjo ‘Barokah Cell’ yang fokus berjualan berbagai produk digital, mulai dari pulsa, paket data, tagihan seperti PLN hingga BPJS, dan produk digital lainnya.

Baca juga : Garuda Pertiwi Langsung Fokus Lawan Taiwan

“Saat pandemi, keuangan dan (transaksi) warung saya menurun drastis. Saya harus mencari cara supaya bisa terus berjualan. Akhirnya di 2022, saya bergabung dengan Mitra Tokopedia,” ungkap Aditya.

Aditya juga memberdayakan ribuan warga sekitar untuk juga berjualan produk digital. Aditya sering mengedukasi warga sekitar tentang nilai tambah aplikasi Mitra Tokopedia, yang juga bisa melayani pembayaran E-Samsat dan PBB, agar warga tidak perlu pergi terlalu jauh lagi untuk mengakses layanan publik tersebut.

Digitalisasi warung misalnya, Tokopedia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM demi mendorong adopsi platform digital untuk pengembangan usaha para pemilik warung. Mitra Tokopedia juga mempermudah masyarakat mengakses layanan publik seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan E-Samsat untuk membantu meningkatkan penerimaan negara.

Baca juga : Rapat Soal Transaksi Rp 349 Triliun Panas, Mahfud Balas Gertak Anggota DPR

Pasalnya, transaksi PBB dan E-Samsat di Mitra Tokopedia masing-masing mengalami peningkatan sebesar hampir 1,5x lipat pada kuartal I-2023 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

Mitra Tokopedia di sisi lain berupaya mempercepat terwujudnya inklusi keuangan dengan kategori produk Dompet Digital, sehingga masyarakat bisa lebih mudah, aman dan nyaman dalam melakukan top up dompet digital. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.