Dark/Light Mode

16,8 Juta Pemilik Warung Dan UMKM Diberdayakan Lewat Mitra Bukalapak

Kamis, 18 Mei 2023 20:45 WIB
Mitra Bukalapak. (Foto: Istimewa)
Mitra Bukalapak. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mitra Bukalapak memiliki level penetrasi tertinggi sebanyak 57 persen pada 2022 untuk segmen warung yang menggunakan platform o2o (online-to-offline), atau lebih besar dari gabungan penetrasi dua kompetitor penyedia platform o2o terbesar berikutnya.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Nielsen. Mitra Bukalapak terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar o2o melalui peningkatan berbagai kapabilitas untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil di Indonesia.

Baca juga : Ini Kontribusi PGE Lestarikan Lingkungan Dan Berdayakan Masyarakat Di Kamojang

Vice President (VP) Mitra Operation & Commerce Mitra Bukalapak Becquini Akbar mengatakan, dengan memberdayakan lebih dari 16,8 juta pemilik warung dan UMKM di seluruh indonesia.

 Mitra Bukalapak mengemban misi untuk menghadirkan akses digital dan finansial yang merata di seluruh pelosok negeri, termasuk di daerah luar pulau Jawa seperti Makassar.

Baca juga : KST Jabar Berikan Bantuan Dan Borong Dagangan UMKM Di Kabupaten Garut

Meski dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, inklusi keuangan dan digital di Makassar masih menjadi isu yang perlu diatasi.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Salampua menyebutkan, tingkat literasi keuangan Sulawesi Selatan baru di angka 32,46 persen, atau di bawah rata-rata literasi keuangan nasional. Sistem pembayaran tunai juga masih mendominasi wilayah ini.

Baca juga : Wapres: Hidupkan Jalur Perdagangan Rempah Maluku

“Dalam mengatasi tantangan tersebut, Mitra Bukalapak mengembangkan berbagai produk digital dan virtual untuk pemilik warung dapat mentransformasi warung tradisionalnya ke lebih dari 42 jenis produk virtual,” ujar Becquini dalam keterangan resmi, Kamis (18/5).

Layanan ini sambung Becquini, tidak hanya membantu warung memperoleh kemampuan yang dimiliki oleh toko modern, tetapi juga memberdayakan mereka untuk bertindak sebagai agen inklusi keuangan di komunitas mereka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.