Dark/Light Mode

Negara CPOPC Jalankan Misi Ke Eropa

Airlangga Pede Industri Sawit Tumbuh Tahun Ini

Jumat, 19 Mei 2023 06:45 WIB
Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perkebunan dan Komoditas (MPC) Malaysia Dato’ Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof (kiri) dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan). (Foto: Dok. Humas Kemenko).
Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perkebunan dan Komoditas (MPC) Malaysia Dato’ Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof (kiri) dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan). (Foto: Dok. Humas Kemenko).

 Sebelumnya 
Airlangga menjelaskan, untuk mencermati perkembangan ter­kini di Uni Eropa (UE), khusus­nya Peraturan Deforestasi UE (EUDR) yang berpotensi mem­beri dampak negatif pada industri kelapa sawit. Dan mengecualikan petani kecil dari rantai pasok, CPOPC akan menyelenggarakan misi bersama untuk negara pro­dusen ke Brussels, Belgia, pada 30-31 Mei 2023.

“Misi bersama itu juga akan bertemu dengan para pemain utama industri kelapa sawit dan organisasi masyarakat sipil di UE. Para menteri CPOPC optimistis misi bersama ke UE akan membawa hasil positif,” jelasnya.

Baca juga : PalmCo Dan SupportingCo Akselerasi Dekarbonisasi Industri Sawit Dunia

Dalam pertemuan itu, In­donesia juga menyambut baik bergabungnya Honduras men­jadi anggota CPOPC. Honduras menjadi negara ketiga setelah Indonesia dan Malaysia yang menjadi anggota CPOPC.

“Minyak sawit tidak hanya penting bagi negara-negara ang­gota CPOPC, tetapi juga untuk dunia,” terangnya.

Baca juga : Pelantikan DPLN AMPI, Airlangga Presiden Menggema Di Australia

Airlangga pun mengajak negara penghasil minyak sawit ter­libat dalam program kemitraan CPOPC, untuk mendapatkan keuntungan sebagai anggota penuh organisasi tersebut.

“Kolaborasi nyata merupakan hal yang paling penting untuk bersama-sama menghadapi pasar global,” ujar Airlangga.

Baca juga : Teten Yakin Perluasan Ekspansi Pasar Dorong Kebangkitan Industri Furnitur Tanah Air

Dia juga optimistis, dengan semakin banyaknya anggota CPOPC, maka bisa mensejahterakan masyarakat di negara-negara anggota CPOPC. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.