Dark/Light Mode

Ditopang Premi, Laba Pertalife Meroket 48,08 Persen Jadi Rp 72.49 Miliar

Sabtu, 20 Mei 2023 09:54 WIB
Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio H Hadi (kanan) bersama jajaran direksi memaparkan kinerja perusahaan tahun 2022 di Jakarta, Jumat (19/5)
Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio H Hadi (kanan) bersama jajaran direksi memaparkan kinerja perusahaan tahun 2022 di Jakarta, Jumat (19/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah ketidakpastian ekonomi, PT Pertalife Insurance (PertaLife Insurance) meraih laba bersih sebesar Rp 72,49 miliar sepanjang 2022. Jumlah laba ini meningkat sebesar 48,08% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 48,95 miliar. Pencapaian laba bersih tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah berdirinya perusahaan ini. 

Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio H Hadi mengatakan, pencapaian laba bersih itu berkat keberhasilan perusahaan dalam menerapkan strategi dan inisiatif yang tepat. Pencapaian tersebut, menjadi salah satu gambaran yang akan dipertimbangkan dalam penyusunan target dan strategi bisnis ke depan. 

“Meski banyak tantangan, kami optimistis mampu meningkatkan kinerja secara berkelanjutan di masa mendatang,” ujar Hanindio di Jakarta, Jumat (19/5/2023). 

Direktur Keuangan dan Investasi Pertalife Insurance, Yuzran Bustamar menambahkan, perolehan laba itu ditopang oleh pertumbuhan pendapatan premi sebesar 40,39%, hasil underwriting sebesar 40,37%, pendapatan investasi sebesar 60,13%, dan imbal jasa Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) sebesar 11,70%. 

Baca juga : Erick: Berkat Konsolidasi, Laba Subholding Pertamina Meroket Hingga 60,77 Persen

Sepanjang 2022, pendapatan premi tercatat sebesar Rp 686,52 miliar, pendapatan underwriting sebesar Rp 73,32 miliar, pendapatan investasi sebesar Rp 99,97 miliar, dan imbal jasa DPLK sebesar Rp 20,96 miliar. 

Sepanjang 2022, PertaLife Insurance telah menjalankan beberapa inisiatif untuk merealisasikan Program Transformasi Berkelanjutan, antara lain penyesuaian kebijakan produk, penyelesaian portofolio yang bermasalah, dan percepatan likuiditas piutang perusahaan. Di sisi lain, PertaLife Insurance terus menyempurnakan sistem manajemen kinerja dan melakukan efisiensi biaya. 

“Kami terus melakukan transformasi sumber daya manusia yang disampaikan setiap triwulan. Kami juga berusaha untuk meningkatkan kepercayaan nasabah, yang mungkin saja masih mengalami trauma atas produk-produk asuransi jiwa karena adanya berbagai pengalaman di industri,” jelas Hanindio. 

Selain itu, Direktur Pemasaran PertaLife Insurance, Haris Anwar menambahkan, perusahaan berkomitmen untuk memberikan layanan prima untuk meningkatkan loyalitas nasabah dan memberikan dampak pada kenyamanan pemegang polis untuk tetap membayarkan preminya sehingga mampu membangun keberlanjutan perusahaan. 

Baca juga : Lepas Dari Jerat Pandemi, AP II Cetak Laba Bersih Rp 91 Miliar Di 2022

“Kami juga melanjutkan sinergi dengan PT Pertamina (Persero) Group dan PT Timah Tbk Group. Sinergi tersebut menjadi fokus Perusahaan dengan adanya penawaran dan pengembangan produk seperti produk kesehatan, produk severance, term life, dan asuransi jiwa kredit,” jelas Haris. 

PertaLife Insurance berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada nasabah dengan menyediakan berbagai kemudahan, baik melalui kantor layanan secara fisik maupun layanan digital. 

Selain itu, peluncuran Digital Marketing tahun sebelumnya mampu mendorong PertaLife Insurance untuk beradaptasi dengan era digital demi kepuasan nasabah. 

Haris menambahkan, iklim usaha nasional yang dipenuhi dengan berbagai tantangan, tidak menyurutkan kinerja usaha Pertalife Insurance untuk terus bergerak positif. 

Baca juga : Gelar RUPS, Laba Bersih ABM Investama Melesat 82 Persen

“Parameternya dapat dilihat dari kinerja keuangan PertaLife Insurance yang rata-rata tumbuh di atas industri,” jelas Haris. 

PertaLife Insurance optimistis mampu menciptakan kinerja lebih baik pada 2023. Menurut Hanindio, hasil kinerja sepanjang 2022 akan menjadi dasar pertumbuhan rencana bisnis PertaLife Insurance pada 2023.

“Kami terus berusaha untuk memperbesar portofolio pertanggungannya sekaligus sebagai upaya untuk menyebar risiko bisnis,” jelasnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.