Dark/Light Mode

Pertamina Patra Niaga Lanjutkan Mekanisme Full QR Untuk Solar Subsidi Di 234 Kota

Kamis, 25 Mei 2023 14:24 WIB
Penggunaan Full QR untuk subsidi di 234 kota terus digencarkan Pertamina Patra Niaga. (Foto: Dok. Pertamina Patra Niaga)
Penggunaan Full QR untuk subsidi di 234 kota terus digencarkan Pertamina Patra Niaga. (Foto: Dok. Pertamina Patra Niaga)

 Sebelumnya 
Menurut Irto, Full QR ini memiliki beberapa manfaat bagi pengguna Solar Subsidi itu sendiri, terutama dalam hal keamanan kuota harian yang berhak dibeli oleh penggunanya, dan sebagai evaluasi atas modus penyalahgunaan oknum tidak bertanggung jawab.

“Ketika skema input nomor polisi masih diperbolehkan, banyak kejadian nomor polisi konsumen sudah digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Ditegaskan Irto, Full QR ini bisa menjadi jawaban, karena semua transaksi benar-benar sesuai dengan scan QR Code.

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Tegaskan ASN Untuk Beradaptasi Hadapi Transisi Ibu Kota

Untuk keamanan ekstra, QR Code dapat direset berkala tanpa ada batas, jadi jika hilang atau curiga digunakan bisa diganti dengan QR Code baru melalui website Subsidi Tepat.

Per 25 Mei 2023,  Full QR akan diberlakukan secara bertahap dimulai di 234 Kota atau Kabupaten. Wilayah-wilayah ini sepanjang periode dua minggu kebelakang sudah menerapkan mekanisme Full Registrant dan performa transaksi penggunaan QR-nya sudah cukup baik dan siap menerapkan Full QR.

Adapun wilayah-wilayahnya dapat dicek melalui website https://mypertamina.id/daftar-spbu-uji-coba-subsidi-tepat pada kolom update per tanggal 25 Mei 2023.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Salurkan Produk Smooth Fluid Untuk Pengeboran Di Blok Pangkah

Irto melanjutkan, pada awal penerapan Full QR Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan antisipasi untuk memudahkan masyarakat, salah satunya adalah penyediaan titik print QR di beberapa SPBU.

“Masyarakat yang QR Code tertinggal, atau mau refresh ulang QR Code, bisa dibantu di SPBU dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian Solar Subsidi,” katanya.

Ia berharap, Program Subsidi Tepat Full QR di tahap awal ini dapat berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari seluruh Stakeholder terkait untuk mewujudkan penyaluran Solar Subsidi yang lebih transparan.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran

Serta mempersempit ruang gerak oknum tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan penggunaan Solar Subsidi.

Program ini memiliki tujuan yang positif, di mana Subsidi Tepat ini untuk menjamin kuota BBM bersubsidi terjaga, digunakan sesuai regulasi yang berlaku, dan transparan penggunaannya.

"Pertamina Patra Niaga juga akan terus mengevaluasi pelaksanaannya dan terus memastikan pelayanan berjalan dengan baik,” ujar Irto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.