Dark/Light Mode

Incar Pertumbuhan Pendapatan Non-Tiket, MRT Hadirkan Website Retail

Jumat, 2 Juni 2023 18:02 WIB
Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud saat menjelaskan paparannya dalam  Forum Jurnalis MRT di Kantor MRT Jakarta, Rabu (31/5). (Foto Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka)
Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud saat menjelaskan paparannya dalam Forum Jurnalis MRT di Kantor MRT Jakarta, Rabu (31/5). (Foto Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak hanya mengandalkan pendapatan dari penjualan tiket, agar menjaga keuangan tetap moncer, PT MRT Jakarta (Perseroda) terus menggenjot pendapatan non-tiket atau non-tarif (non-farebox).

Pada April 2023, pendapatan non-farebox MRT mencapai Rp 40-50 miliar. Tahun ini pertumbuhan pendapatan non-farebox ditargetkan hingga 5 persen.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Naik, Pj Gubernur Jadikan Sulbar Kian Maju

Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud mengatakan, pendapatan non-farebox diraih dilakukan melalui pemanfaatan aset fisik hingga non-fisik yang seluruhnya dimiliki MRT.

Mulai dari hak penamaan stasiun, iklan, digital payment, area ritel dan komersil, pengembangan kawasan berorientasi transit (Transit Oriented Develpoment/TOD), serta proyek konsultansi.

Baca juga : Hari Pertama Idul Fitri, 71 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

“Ibaratnya semua yang ada di MRT mulai dari dinding, ubin hingga bangunan kita manfaatkan untuk menambah pendapatan. Dengan begitu MRT tak hanya mengandalkan pendapatan dari penjualan tarif, tetapi juga di luar itu,” katanya dalam Forum Jurnalis MRT di Kantor MRT Jakarta, Rabu (31/5).

Menurut Farchad, tantangan saat ini adalah bagaimana menghadapi situasi market yang impected dari pandemi Covid-19.

Baca juga : Para Profesor Usulkan Pembangunan Kedaulatan Pangan Sistemik

Karena ia melihat, pasar masih memiliki leg time daya beli terutama di industri yang belum kembali seperti dulu.

“Ini bisa dipahami, dan menjadi fenomena yang menarik dan diskusikan kami kepada Pemprov DKI. Kami percaya, tahun ini pendapatan non-farebox kami akan tetap tumbuh setidaknya dibanding tahun lalu," ujar Farchad.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.