Dark/Light Mode

100 Tukik Dilepasliarkan di Pantai Waru Doyong

Peduli Ekosistem Laut, KAI Gelar Sosialisasi Selamatkan Penyu Kepada Siswa SD di Banyuwangi

Jumat, 6 September 2019 13:50 WIB
Foto: Humas KAI
Foto: Humas KAI

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam dua dekade terakhir ini, populasi penyu semakin memprihatinkan. Bahkan, terancam punah. Selain karena faktor alam, kondisi ini juga diperparah oleh kurangnya kesadaran kita terhadap pentingnya menjaga kelestarian penyu. Belum lagi, kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan, terutama plastik ke laut.

Hal ini tentu saja akan mengganggu, bahkan merusak ekosistem laut. Berkaca pada hal tersebut, serta dalam rangka wujud nyata kepedulian PT Kereta Api Indonesia (Persero) terhadap penyu dan ekosistem laut, PT KAI menggelar rangkaian kegiatan dengan tajuk “KAI Peduli Ekosistem Laut” pada 5-6 September 2019 di Banyuwangi.), Jawa Timur.

Baca juga : KBN Klaim Selamatkan Aset Negara Rp 55,8 T

Asisten Deputi serta Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, turut hadir dalam acara tersebut.

Rangkaian kegiatan “KAI Peduli Ekosistem Laut” sendiri terdiri dari tiga acara. Pertama, Sosialisasi Selamatkan Penyu kepada 100 siswa-siswi di SDN 1 Bulusan dan SDN 1 Ketapang, bekerja sama dengan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF).

Baca juga : Jokowi Resmikan Pabrik Esemka

Kedua, pelepasan 100 ekor tukik di Pantai Waru Doyong. Ketiga, penanaman pandan laut di Pantai Bilik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat, terhadap upaya penyelamatan penyu dan ekosistem laut. Sosialisasi dilakukan kepada para siswa SD, untuk menanamkan kesadaran sejak dini di kalangan pelajar sekolah. Hal ini penting supaya mereka memahami pentingnya upaya penyelamatan penyu dan ekosistem laut,” jelas Vice President Corporate Social Responsibility PT KAI, Agus Supriyono.

Baca juga : 2019, Ekspor Hasil Perkebunan dan Peternakan Tumbuh di Atas 4 Persen

Banyuwangi dikenal sebagai surga bagi penyu. Memiliki garis pantai sepanjang 175 KM, Banyuwangi merupakan tempat yang cocok bagi upaya konservasi dan penyelamatan penyu.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian serta tanggung jawab kita semua terhadap alam, agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.