Dark/Light Mode

Mulai Garap Bisnis Ritel

BGR Gandeng Startup Teknologi

Sabtu, 7 September 2019 07:19 WIB
Penandatangan nota kesepahaman antara BGR Logistics dan Triplogic di Kantor Pusat BGR Logistics, Jakarta, Kamis (5/9). (Foto: Antara).
Penandatangan nota kesepahaman antara BGR Logistics dan Triplogic di Kantor Pusat BGR Logistics, Jakarta, Kamis (5/9). (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bhandha Ghara Reksa atau BGR Logistics mulai meram bah ke bisnis ritel. Demi memuluskan bisnis tersebut, BGR menggandeng startup teknologi, Triplogic Semesta Raya (Triplogic) Kerjasama itu ditandai penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) kedua belah pihak.

Adapun yang menandatanganinya Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo dan Direktur Utama Triplogic Oki Earlivan Sampurno di kantor pusat BGR Logistics, Jakarta.

Kuncoro mengatakan, penandatangan MoU ini seba gai bentuk sinergi BUMN dan swasta. Tujuannya, dalam rangka memaksimalkan jasa dan layanan logistik.

Terutama, memperkuat jasa logistik BGR Logistics yang akan terjun di bisnis retail berbasis aplikasi. Dia menyebut pihaknya lebih khusus menggarap sektor barang bekas elektronik rumah tangga.

Baca juga : AP II Garap Bisnis Hotel Bintang 4 di Terminal 3 Soetta

“Kerja sama yang akan dilakukan, nanti nya Triplogic menjadi mitra pengiriman barang untuk aplikasi yang tengah kami siapkan,” katanya. Kuncoro yakin pihaknya bisa berperan dalam upaya mengurangi barang bekas elektronik rumah tangga.

Hal itu dikarenakan BGR logistics memilki portofolio jasa logistik limbah. Dengan begitu, sebagai digital logistics company, perseroan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat melalui aplikasi yang diluncurkan.

Meski terbilang startup, Kuncoro optimis Triplogic dapat mendukung bisnis baru BGR Logistics. Selain den gan Triplogic, pihaknya juga menjajaki kerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk mendukung aplikasi yang akan diluncurkan.

“Kami yakin kemitraan ini berjalan dengan baik, antara BGR Logistics dan Triplogic. Serta BGR senantiasa terbuka untuk menjalin kerja sama un tuk mengembangkan aplikasi barang bekas elektronik rumah tangga tersebut,” imbuhnya.

Baca juga : Malaysia Juara, Lifter Indonesia Salah Teknik

Dia menjelaskan, Triplogic akan berperan sebagai trans porter yang akan mengam bil barang dari konsumen. nantinya barang tersebut akan dikumpulkan ke titik-titik pengepul yang telah terdaftar di jaringan BGR Logistics.

Sementara, Oki Eralivan menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, langkah BGR Logistics terjun ke bisnis retail merupakan sebuah keberanian.

Diharapkan kerjasama ini bisa menambah valua si Triplogic. “Sebagai perusahaan startup kami menerapkan konsep kolaborasi dan agile dalam menjalankan perusahaan,” tuturnya.

Sebagai startup yang berg erak di bidang logistik dan supply chain, Oki memandang integrasi offline ke online menjadi hal penting.

Baca juga : Garap Industri Gim, Telkom Rilis Indigo Game Startup Incubation

Apalagi pertumbuhan perdagangan online (e-commerce) semakin pesat. Demand pada retail pun tum buh signifikan. Alhasil banyak peluang bermunculan.

“Permasalahan yang harus dihadapi adalah bagaimana kita bisa mengirimkan atau mengambil barang lebih cepat. Tentunya dengan armada yang banyak. Kami melihat kerjasama dengan BGR memiliki misi yang sama dalam melihat masalah yang ada,” akunya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.