Dark/Light Mode

AP II Matangkan Rencana Transjakarta Buka Rute Ke Bandara Soetta

Sabtu, 10 Juni 2023 14:14 WIB
Bus Transjakarta. (Foto: Ist)
Bus Transjakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta tengah dibahas oleh instansi terkait. Layanan Transjakarta ditargetkan untuk para pekerja yang ada di bandara. 

Pembahasan telah dilakukan beberapa kali dan yang terbaru pada Jumat (9/6). Pembahasan dilakukan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza.

“Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta telah melalui pembahasan beberapa kali, antara AP II selaku pengelola bandara dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT Transportasi Jakarta,” jelas Awaluddin.

Baca juga : Tanggap Bencana Longsor, Karang Taruna Bogor Gelar Aksi Sosial

Dia mengatakan, pembahasan ini sebagai tindaklanjut dari usulan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta yang disampaikan saat pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, beberapa waktu lalu.  

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama mengkaji kemungkinan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Awaluddin.

Sementara Welfizon mengatakan, layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta tentunya akan dilengkapi dengan perizinan rute yang dilayani. “Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta juga dipastikan memenuhi standar layanan minimum, tidak boleh diluar ini, termasuk terkait dengan headway (selisih antar waktu keberangkatan bus),” ujar Welfizon. 

Baca juga : Menangkan Ganjar, BMI Jakarta Siap Rebut Hati Anak Muda Ibu Kota

Adapun layanan bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta tentu nantinya menjadi satu kesatuan ke dalam jaringan operasional dan konektivitas Transjakarta. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana menuturkan, telah dilakukan survei dengan responden para pekerja di bandara untuk mendapatkan masukan rute mana yang nantinya dilayani oleh bus Transjakarta. 

“Agar kebutuhan layanan rute yang tepat sasaran dan juga memertimbangkan waktu tempuh,” ujar Dwi Ananda. 

Baca juga : PARBI-PSBI Gelar Festival Pencarian Bakat Penyanyi Lagu Batak

Kajian secara peraturan juga dilakukan mencakup mengenai trayek, rute dan hal-hal lainnya agar operasional bus Transjakarta tetap sesuai regulasi yang berlaku. “Seluruh layanan di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk transportasi publik harus mematuhi dan memenuhi semua regulasi,” ujar Dwi Ananda. 

Dalam waktu dekat akan dilakukan simulasi operasional bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.