Dark/Light Mode

Gaet Komunitas Peduli Lingkungan

PLN UIP Jawa Bagian Barat Bersihkan Pantai Selatip-Kabupaten Tangerang

Senin, 12 Juni 2023 20:34 WIB
Komunitas Peduli Lingkungan saat melakukan bersih-bersih di Pantai Selatif, Kabupaten Tangerang. (Foto: Dok. PLN UIP Jàwa Bagian Barat)
Komunitas Peduli Lingkungan saat melakukan bersih-bersih di Pantai Selatif, Kabupaten Tangerang. (Foto: Dok. PLN UIP Jàwa Bagian Barat)

 Sebelumnya 
Di akhir kegiatan, kata dia, sampah yang telah dikumpulkan seluruh relawan ditimbang dan dihitung total pengumpulannya.

"Tercatat, sebanyak 861 kilogram (Kg) sampah terkumpul dalam waktu 1 jam yang didominasi oleh sampah plastik dan sampah-sampah lain yang sulit terurai," jelasnya.

Selain itu, sampah ini juga kemungkinan berasal dari luar daerah yang terbawa aliran sungai sekitar, yang bermuara ke laut.

Baca juga : Sukarelawan Ganjar Kalteng Gelar Pelatihan Membuat Gelang Untuk Perempuan Milenial

“Dalam waktu yang singkat saja, jumlah sampah yang terkumpul sudah begitu banyak. Hal tersebut membuktikan bahwa masih banyaknya individu yang belum aware terhadap lingkungan sekitar," ujar Arie.

Ia berharap, setelah langkah kecil PLN bersama para relawan ini dapat meningkatkan kesadaran warga untuk lebih menjaga pantai dan lingkungannya.

Selain bersih-bersih pantai, kegiatan juga dilanjutkan dengan penanaman pohon mangrove di sekitar kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Baca juga : Gaet Wisatawan, Srikandi Ganjar Jabar Bersih-Bersih Pantai Di Cianjur

Sekretaris Desa Lontar yang juga ketua kelompok tani hutan mangrove Lontar Lestari, Eka Komara, mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh atas kegiatan yang dilakukan PLN.

“Terima kasih untuk komitmen PLN, dalam mewujudkan kawasan pantai yang lebih baik dan bersih dari sampah. Gerakan melawan sampah plastik ini, diharapkan dapat berjalan secara konsisten dan kontinyu,” ujar Eka.

Sementara itu, Ketua Tim Kreatif Lontar, Deki Hendriansyah mengaku, sampah terutama plastik saat ini masih banyak berserakan dan mencemari daerah pantai.

Baca juga : Ribuan Pegawai PLN Group Bersihkan Pantai Dan Sungai Di 28 Provinsi

“Semoga program seperti ini akan terus berlanjut dan melibatkan semakin banyak pihak, sehingga bisa memberikan edukasi yang lebih baik kepada masyarakat agar semakin peduli dan menjaga lingkungan,” ujar Deki.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.