Dark/Light Mode

Demplot Inisiasi TEKAD, Tingkatkan Penghasilan Rumah Tangga Desa Rumahsoal

Jumat, 9 Juni 2023 09:15 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) terus berkontribusi pada peningkatan penghasilan kelompok sasaran.

Salah satunya, melalui pembuatan demplot pertanian yang mampu meningkatkan penghasilan rumah tangga di Desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku.

“Dari demplot kelompok pertanian yang difasilitasi TEKAD, anggota kelompok kami mendapatkan pendapatan bersih satu juta per KK. Inilah mengapa kami sangat berterima kasih dengan adanya program TEKAD di desa kami,” tegas Lukas Matital, Ketua Kelompok Demplot dalam sesi tanya jawab bersama IFAD yang digelar di Balai desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (8/6).

Lukas mengungkapkan, demplot yang dimulai sejak bulan Oktober 2022 itu, menanam berbagai komoditas pertanian seperti kubis, kol dan sebagainya.

Baca juga : Boyolali Kejar Inovasi Dengan Tingkatkan Kegemaran Membaca Masyarakat

Kontur tanah yang subur serta iklim yang mendukung membuat komoditas pertanian tumbuh dengan baik dan menghasilkan.

"Kelompok demplot itu sendiri beranggotakan 20 orang Kepala Keluarga,” tuturnya.

Lukas mengakui, masih ada satu kendala yang dihadapi untuk meningkatkan pendapatan dari demplot pertanian inisiasi TEKAD tersebut. Yakni, ongkos distribusi panen yang dirasa masih cukup tinggi.

"Hal itu dikarenakan akses jalan yang buruk untuk menuju kota. Kami berharap pemerintah bisa memperbaiki akses jalan ini sehingga hasil panen bisa dijual secara optimal," bebernya.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Gerakan FSAB Terus Tebarkan Semangat Perdamaian

Untuk diketahui, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Internasional Fund Agriculture Development (IFAD) kali ini berkunjung ke Desa Rumahsoal.

Disuguhi tarian Lenso, rombongan yang dipimpin Hani Elsadani Salem, Country Director IFAD untuk Indonesia, disambut dengan hangat oleh ketua adat beserta Kepala desa serta puluhan warga Rumahsoal.

Mewakili Kemendes PDTT, Direktur Pengembangan Produk Unggulan (PPU) yang juga Program Manager TEKAD, Ari Indarto Sutijatmo, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat meriah dari warga desa Rumahsoal.

Ia juga menyampaikan maksud utama kunjungan adalah untuk meninjau secara langsung progres pelaksanaan program TEKAD.

Baca juga : Top, Plt Walkot Bekasi Dinobatkan Jadi Pembina Teknologi Desa Dari Kemendes

“Kunjungan kami ke desa Rumahsoal adalah untuk melihat apa yang sudah dikerjakan bersama terkait project TEKAD sudah sampai mana. Banyak hal yang perlu kita tingkatkan, tapi dengan hal baru yang digagas Pak Menteri, saya yakin TEKAD akan semakin mempercepat pertumbuhan desa-desa sasaran TEKAD," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.