Dark/Light Mode

Pimpin Rakor Dengan 5 Bupati

BKS Pastikan, Bandara JBS Layani Penerbangan Umrah

Senin, 19 Juni 2023 06:45 WIB
Pemerintah membuka penerbangan dari Bandara Jenderal Besar Soedirman (JSB) untuk melayani jemaah umrah di lima Kabupaten di Jawa Tengah. Paket menarik juga disiapkan agar jemaah umrah tertarik terbang dari bandara tersebut. (Foto: Ist)
Pemerintah membuka penerbangan dari Bandara Jenderal Besar Soedirman (JSB) untuk melayani jemaah umrah di lima Kabupaten di Jawa Tengah. Paket menarik juga disiapkan agar jemaah umrah tertarik terbang dari bandara tersebut. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Waktu Tempuh Lebih Singkat

Awaluddin menjelaskan, je­maah umrah dari Barlingmas­cakeb dapat menempuh waktu yang jauh lebih singkat dengan terbang dari Bandara JBS ke Bandara Halim Perdanakusuma. Lalu, melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta untuk terbang ke Tanah Suci.

Saat ini, jemaah umrah dari Barlingmascakeb harus menempuh perjalanan dengan bus menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan waktu tempuh mencapai lebih dari 7 jam.

“Nah, terbang dari Bandara Jenderal Soedirman ke Halim Perdanakusuma cukup 47 menit. Dan perjalanan darat dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno- Hatta hanya 1-2 jam,” ujarnya.

Baca juga : Pemerintah Tindak Lanjuti Bantuan Perbaikan Fasilitas Bandara Vanuatu

Sebagai upaya mendukung program ini, AP II memberikan insentif kepada maskapai guna meringankan biaya operasional. Insentif tersebut diharapkan berdampak pada lebih murahnya tiket penerbangan.

AP II memberikan skema insentif bagi maskapai berupa pembebasan 100 persen atas biaya PJP4U yang terdiri dari biaya pendaratan pesawat dan biaya parkir pesawat, serta pembebasan biaya sewa konter check-in. Ini berlaku di Ban­dara JBS dan Bandara Halim Perdanakusuma.

“AP II juga menyiapkan shut­tle bus, airport handling dan lounge untuk perjalanan umrah tersebut,” terang Awaluddin.

Di tempat yang sama, Bupa­ti Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, layanan perjalanan umrah ini ditar­getkan dimulai pada Agustus 2023.

Baca juga : Gandeng IBS Software Singapura, INACA Bangkitkan Bisnis Penerbangan Nasional

“Program perjalanan umrah ini mendapat sambutan yang sangat baik dari 5 kabupaten dan para travel murah,” ujarnya.

Bupati Banyumas Ahmad Husein yang turut hadir menya­takan komitmennya mendukung kebijakan pengembangan Ban­dara JBS.

Sedangkan Direktur Utama PT Jaho Mulya Senjaya Arifah Mulyani, travel penyedia perjalanan mengatakan, animo masyarakat Barlingmascakeb terhadap pro­gram perjalanan umrah dari Bandara JBS sangat tinggi.

Hal ini tidak lepas dari kemu­dahan perjalanan dan singkatnya waktu yang dibutuhkan.

Baca juga : Ingin Sudahi Konflik Dengan Israel, Palestina Percayakan China Jadi Juru Damai

“Sampai saat ini, sudah 1.000 orang yang mendaftar untuk per­jalanan umrah,” ujarnya. ■  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.