Dark/Light Mode

Tingkatkan Kapasitas Startup, Universitas Trilogi Gelar Inkubasi Usaha

Selasa, 20 Juni 2023 10:32 WIB
Bootcamp bagi para wirausaha/startup 2023 yang diselenggarakan Universitas Trilogi bekerja sama dengan Kemenkop UKM, di Royal Kuningan Hotel, Jakarta. (Foto: Istimewa)
Bootcamp bagi para wirausaha/startup 2023 yang diselenggarakan Universitas Trilogi bekerja sama dengan Kemenkop UKM, di Royal Kuningan Hotel, Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Trilogi berkerja sama dengan Kemenkop UKM menyelenggarakan kegiatan bootcamp bagi para wirausaha yang terpilih dalam program peningkatan kapasitas startup 2023, di Royal Kuningan Hotel, Jakarta. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 5-6 Juni 2023. Para peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi wawancara diberikan pelatihan intensif.

Wakil Rektor bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Trilogi Anies Lastiati menjelaskan, dengan bootcamp ini diharapkan para tenant yang telah terpilih bisa meningkatkan pengembangan bisnisnya. Baik untuk skala bisnisnya maupun pada pengembangan kapasitas diri mereka sebagai para owner-nya.

Baca juga : Tingkatkan Kesehatan Dan Kesetaraan, Relawan Sedulur Saklawase Gelar Senam Dan Futsal Perempuan

“Di sini, secara intensif kami hadirkan para narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing. Misalnya ada para pelaku entrepreneur bidang pangan, praktisi di bidang agribisnis, strategi marketing, digital marketing, dan lain sebagainya,” jelas Anies Lastiati, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (20/6).

Bootcamp ini merupakan acara kedua dalam rangkaian Program Kapasitas Startup yang bekerjasama dengan Kemenkop UKM. Secara spesifik, materi yang dihadirkan dalam kegiatan ini di antaranya Way to Entrepreneurship oleh Maulidian, Legalitas oleh Yosua Yosafat Andree Saroinsong, Business Model Canvas (BMC) oleh Wiwik Puntorini, Digital Marketing oleh Nur El Ikhsan, Laporan Keuangan oleh Lely Dahlia, dan ada juga materi Pitching yang disampaikan Rachmat Adhani.

Baca juga : Dukung UMKM Nasional, Pupuk Indonesia Gelar PaDi UMKM Expo 2023

Ketua Panitia Lely Dahlia menyampaikan, sebelum para peserta masuk ke tahap ini, mereka harus melewati proses seleksi. Yakni mulai dari seleksi administrasi dan sampai pada seleksi wawancara.

“Kegiatan wawancara dilaksanakan pada 22 Mei lalu dan bertempat langsung di Universitas Trilogi. Ada puluhan tenant yang mengikuti proses wawancara ini dan akhirnya para tim seleksi memutuskan ada 20 tim yang lolos dan berhak ke tahap selanjutnya,” ujar dosen Program Studi Akuntansi Universitas Trilogi ini.

Baca juga : Kiyai Muda Jawa Timur Gelar Praktik Olah Ikan Bandeng

Materi-materi yang ditanyakan para narasumber di antaranya meliputi visi, misi dan tujuan perusahaan, kualitas tim, inovasi produk/jasa dan diferensiasi kompetitif, model bisnis, potensi keberlanjutan bisnis dan dampak sosial/lingkungan.

Tidak hanya melalui kegiatan ini, dalam kurikulum, Universitas Trilogi terus melakukan penguatan agar para mahasiswanya bisa menjadi teknososiopreneur sebelum menjadi sarjana. Para mahasiswa tersebut tersebar di berbagai program studi, di antaranya Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru PAUD, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Agribisnis, Agroekoteknologi, serta Ilmu dan Teknologi Pangan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.