Dark/Light Mode

LPEI Komit Terapkan ESG Sebagai Standar Kinerja Operasional

Kamis, 22 Juni 2023 18:18 WIB
Seminar bersama LPEI dan Moordyrs Analytics bertajuk Addressing Key Challenges in Climate Change, Rabu (21/6). (Foto: Istimewa)
Seminar bersama LPEI dan Moordyrs Analytics bertajuk Addressing Key Challenges in Climate Change, Rabu (21/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank berpartisipasi menjadi agen transformasi penerapan Enviromental, Social & Governance (ESG).

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk merespon perubahan iklim serta mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060, LPEI mendorong sejumlah langkah inisiatif penerapan ESG sebagai standar kinerja operasional Lembaga yang berkelanjutan.

Baca juga : Event Higgs Domino Tawarkan Kegembiraan Tiada Tara

Anggota Dewan Direktur dan Ketua Komite Pemantau Risiko LPEI Felia Salim mengatakan, LPEI berkomitmen dalam menjalankan mandatnya dengan mempertimbangkan prinsip ESG.

LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus berkomitmen untuk turut berpegang pada prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 51/POJK.03/2017 tahun 2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

Baca juga : El Real Stop Belanja Pemain

“Perlahan namun pasti, LPEI sedang menyelaraskan kebijakan dan pedoman ESG ke dalam mandat lembaga dalam rangka mendorong ekspor nasional yang beyond financing, berkelanjutan dan menciptakan develomental impact,” ucap Felia dalam seminar bersama LPEI dan Moordy’s Analytics bertajuk ‘Addressing Key Challenges in Climate Change,’ Rabu (21/6).

LPEI sambung Felia, akan terus menyelaraskan prinsip-prinsip ESG tersebut dalam kebijakan lembaga yang dituangkan melalui Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) dan terbagi ke dalam ESG kelembagaan dan ESG Kegiatan Usaha.

Baca juga : Hadapi El Nino, Ganjar Siapkan Cadangan Pangan Hingga Optimalisasi Dana Desa

“Melalui ESG Kelembagaan, LPEI mendorong terciptanya kegiatan operasional yang ramah lingkungan melalui green office, save energy dan green carbon footprint,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.