Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kolaborasi Karier.mu dan G-Trust Bangun Angkatan Kerja Berkualitas

Kamis, 15 Juni 2023 15:56 WIB
Media gathering #JadiBisa Buka Peluang Bersama Karier.mu  Prakerja, di GoWork Menara Standard Chartered, Jakarta, Kamis (15/6). (Foto: Istimewa)
Media gathering #JadiBisa Buka Peluang Bersama Karier.mu Prakerja, di GoWork Menara Standard Chartered, Jakarta, Kamis (15/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manajemen Pelaksana Program Prakerja bersama Mitra Platform Digital Karier.mu terus menggemakan semangat pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning) serta upaya menciptakan peluang karier dan usaha bagi penerima Kartu Prakerja. Kampanye itu menjadi inti pesan media gathering bertema “#JadiBisa Buka Peluang Bersama Karier.mu & Prakerja”, di GoWork Menara Standard Chartered, Jakarta.

Hadir dalam media gathering ini antara lain Founder Karier.mu Najeela Shihab, Direktur Eksekutif Prakerja Denni Puspa Purbasari, dan Direktur Eksekutif G-Trust Learning, Mitra Lembaga Pelatihan Karier.mu, Star Ercahaya Hasugian.

Najeela Shihab mengatakan, konsep lifelong learning atau menjadi pelajar sepanjang hayat sangat lekat dengan Karier.mu. “Itulah sebabnya kami berkolaborasi dengan ratusan lembaga kursus maupun vokasi dari berbagai penjuru negeri untuk mengembangkan kompetensi bekerja dan berwirausaha, yang dapat diikuti siapa pun, kapan pun.” kata Najeela, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis, (25/6).

Baca juga : Toraja Utara Punya Perpustakaan Megah, Bupati Janji Tingkatkan Budaya Baca

Pihaknya sangat bangga bermitra dengan Prakerja untuk memberi kesempatan akses dan kualitas pelatihan ke lebih banyak orang. “Yaitu demi hadirnya pembelajaran yang merata, ke seluruh masyarakat Indonesia," tambah Najeela.

Denni Puspa Purbasari mengungkapkan, Program Kartu Prakerja hadir sebagai bukti bahwa Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk belajar sepanjang hayat, tidak hanya terhenti pada pendidikan formal. Ekosistem Prakerja menyediakan berbagai pelatihan hardskill dan softskill untuk pekerja maupun pelaku wirausaha, mendukung peningkatan literasi keuangan, serta mendorong gaya hidup sehat.

“Prakerja membawa angkatan kerja kita untuk naik level, sustainable, dan bermartabat dengan memiliki pemahaman yang mendalam terhadap tiga hal penting tersebut. Sehingga dapat menjadi angkatan kerja yang produktif, baik mereka yang bekerja sebagai karyawan, pelaku UMKM, maupun yang saat ini menganggur. Dalam tiga tahun, sudah 17 juta peserta di 514 kabupaten/kota mendapatkan manfaat Prakerja,” kata Denni.
 
Star Ercahaya Hasugian menambahkan, angkatan kerja yang kompeten, unggul, dan tetap relevan dengan perkembangan zaman tidak mungkin tercipta tanpa semangat belajar sepanjang hayat dan learning agility. Melalui pelatihan yang dijalankan G-Trust Learning pada program Prakerja, banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Baca juga : Sehari 3 Kali Latihan, Skuad Maung Bandung Kecapean

“Peserta dapat mengembangkan wawasan, hardskill, dan belajar langsung dari profesional yang kompeten di bidangnya. Berbagai keterampilan yang tidak lekang dimakan zaman antara lain kemampuan penyelesaian masalah, komunikasi, kolaborasi, dan kecerdasan emosi menjadi bagian yang tertanam di dalam setiap pelatihan.” ujar Star.

Pada Februari 2023, hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) menunjukkan adanya peningkatan dalam jumlah angkatan kerja di Indonesia, mencapai 146,62 juta orang. Selain itu, tingkat pengangguran terbuka (TPT) juga mengalami penurunan sebesar 0,38 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tentunya, hal ini menunjukkan tren positif atas kesiapan tenaga kerja untuk berpartisipasi dalam perekonomian Indonesia.

Karier.mu, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, dan G-Trust Learning berkomitmen untuk mewujudkan visi program bahwa pendidikan tidak terhenti di jenjang sekolah saja, tetapi terus berjalan sepanjang hayat. Sejalan dengan visi tersebut, bagi angkatan kerja yang ingin membuka peluang karier dan usaha baru melalui pelatihan, dapat mendaftar di situs www.prakerja.go.id.

Baca juga : Jalin Silaturahmi, Sukarelawan Ganjar Bantu Peralatan Bengkel Ke Sopir Truk Di Jakut

Prakerja merupakan program berbasis pengembangan kompetensi kerja serta kewirausahaan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja yang memerlukan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha kecil dan mikro. Prakerja membuka gelombang setiap dua minggu agar masyarakat mendapat kesempatan lebih besar untuk menjadi peserta.

Melalui Prakerja, pemerintah memberikan kesempatan akses pelatihan bagi angkatan kerja di Indonesia. Program ini juga merupakan bagian dari kolaborasi antara pemerintah dengan pihak swasta seperti Karier.mu dalam memberikan pelayanan akses kepada masyarakat dengan semangat gotong royong untuk sumber daya manusia yang unggul.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.