Dark/Light Mode

Dongkrak Kemajuan Industri, Peran EPC Didukung Para Teknisi Handal

Jumat, 23 Juni 2023 18:27 WIB
Kemajuan industri ditentukan peran para teknisinya. (Foto: Ilustrasi Istimewa)
Kemajuan industri ditentukan peran para teknisinya. (Foto: Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan rancang bangun industri (EPC) sangat berperan penting sebagai lokomotif penggerak kemajuan industri Indonesia utamanya bagi peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Hal tersebut menjadi kesimpulan yang dapat ditarik dari acara diskusi media dan forum wartawan industri (FORWIN) bertajuk “Peran Penting Jasa Rancang Bangun Industri (EPC) untuk Mendukung Pembangunan Industri Nasional”, yang digelar akhir pekan lalu.

Acara dihadiri sejumlah narasumber seperti Surya Akbar Wijaya selaku Subkoordinator Fungsi Pengembangan Teknologi Industri Kementerian Perindustrian, Abdulah selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kimia Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian.

Baca juga : Citra Kirana, Dukung Suami Tes DNA

Hadir pula Raymond Rasfuldi selaku Ketua Komite Kerja sama Internasional Persatuan Insinyur Indonesia (PII), dan Dhira Nandana, Ketua Umum Gabungan Perusahaan Nasional Rancang Bangun Indonesia (GAPENRI).

Pada diskusi tersebut, para narasumber menyampaikan peran strategis perusahaan rancang bangun industri atau yang dikenal dengan Engineering, Procurement, and Construction (EPC) utamanya pada kontribusi kemajuan industri nasional yang memberikan manfaat multiplier dari sisi sosial, ekonomi.

Sebagai negara berkembang, saat ini Indonesia memiliki beberapa perusahaan yang bergerak di bidang EPC, diantaranya PT Rekayasa Industri (Rekind), PT Triparta Engineers and Constructors, PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT).

Baca juga : Kembali Melaut, FSO Pertamina Abherka Dukung Ketahanan Energi Nasional

Sedangkan, pada negara–negara maju, kontribusi dan eksistensi perusahaan EPC sangat menentukan industrialisasi dan hilirisasi yang bisa berkontribusi bagi ekonomi makro.

Forum diskusi juga mendorong semakin lebih banyak kolaborasi strategis guna mempercepat transfer pengetahuan dan teknologi, serta peran pemerintah dalam sektor EPC.

Terdapat 10 jasa industri yang diprioritaskan, salah satunya adalah jasa rancang bangun dan konstruksi industri atau EPC.

Baca juga : Dorong Partisipasi Perempuan Di Industri, Tokopedia Gelar Start Women In Tech

"Industri jasa ini telah memberikan kontribusinya pada pertumbuhan ekonomi selama satu dekade terakhir, yang semula 44 persen pada tahun 2010 menjadi 56,34 persen di tahun 2020,” ungkap Surya Akbar Wijaya, Subkoordinator Fungsi Pengembangan Teknologi Industri Kementerian Perindustrian dalam keterangannya, Jumat (23/6).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.