Dark/Light Mode

Ibarat Air, Sudah Meluap

Prabowo Banjir Dukungan Kelompok Relawan Jokowi

Jumat, 23 Juni 2023 07:45 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memeluk seorang anak saat menghadiri silaturahmi dan tausiah kebangsaan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (18/5/2023). (Foto: Antara)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memeluk seorang anak saat menghadiri silaturahmi dan tausiah kebangsaan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (18/5/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra, Prabowo Subianto banjir dukungan kelompok relawan Jokowi. Hampir tiap pekan, dukungan ke Menteri Pertahanan (Menhan) itu bermunculan. Ibarat air, dukungan ini kian meluap.

Teranyar, relawan simpatisan Jokowi di Ponorogo, Jawa Timur, mendukung Prabowo menggantikan Jokowi sebagai presiden. Sebelumnya, Konferensi Daerah (Konferda) perdana relawan Pro Jokowi (Projo) Sulawesi Selatan, mengusulkan duet Prabowo-Airlangga.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Irfan Yusuf Hasyim bersyukur, semakin banyak rela­wan yang berlabuh ke Prabowo. “Tentu kita bersyukur. Bak air, ini sudah meluap,” kata pria yang akrab disapa Gus Irfan ini kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Sehari 3 Kali Latihan, Skuad Maung Bandung Kecapean

Menurutnya, banjir dukungan kepada Prabowo merupakan buah dari kinerjanya di kabinet dan usaha kader bersama rela­wan Gerindra dari tingkat pusat hingga daerah.

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari ini pun mengim­bau, kader dan relawan menjaga kesolidan hingga hari pencob­losan di Pilpres 2024.

“Tapi kita tidak berpuas diri. Pemilunya bukan sekarang, Februari 2024, masih 8 bulan lagi. Segala kemungkinan bisa terjadi,” ingat Ketua Umum PP Gerakan Muslim Indonesia Raya (GEMIRA) ini.

Baca juga : Sambangi Sumut, Ganjar Mesra Bareng Bobby Mantu Jokowi

Senada, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad menyambut baik sikap sejumlah relawan Jokowi yang mendukung Prabowo. “Saya kira justru akan berlipat ke depan. Pak Prabowo sudah tidak bisa dibendung,” kata Anwar.

Sadad menilai, masifnya ger­bong relawan Jokowi ini berarti para relawan telah cermat menerjemahkan arah dukunganPresiden Jokowi di Pemilu 2024. “Kan memang Pak Jokowi runtang-runtung bersama Pak Prabowo. Artinya, cermat menerjemahkan arah dukungan Presiden,” tuturnya sembari menambahkan, Gerindra Jawa Timur bakal memenangkan Prabowo dengan suara minimal 65 persen.

Sekadar informasi, sejumlah gerbong relawan Jokowi mengalihkan dukungan kepada Prabowo belakangan ini baik di tingkat pusat, maupun daerah.

Baca juga : Pengamat Hingga Mantan Pemain Dukung Aturan Liga 1 Suporter Tamu Dilarang Hadir

Teranyar, relawan dan simpatisan Jokowi di Ponorogo, JawaTimur, mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo akhir pekan lalu. Sebelumnya, Konferda Projo yang digelar di Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (18/6), juga merekomendasikan pasangancapres-cawapres Prabowo-Airlangga dalam Pilpres 2024.

Menanggapi ini, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengaku tak gentar. “Nggak apa-apa, relawan yang mendukung Pak Ganjar Pranowo kan juga lebih banyak,” kata Hasto, belum lama ini.

Ditegaskan, struktur organisasi relawan tidak seperti partai politik. Artinya, dukungan yang disampaikan mereka merupakan ekspresi aspirasi, bukan ideolo­gi. “Jadi bukan suatu yang ter­organisasi dalam suatu ideologi, satu platform sehingga relatif lebih cair,” cetus Hasto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.