Dark/Light Mode

Program Closed Loop Sukses Bikin Petani Makin Sejahtera

Sabtu, 24 Juni 2023 06:45 WIB
Menteri Koordi­nator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kawasan Pertanian Terpadu Si­malungun (KPT-S), Desa Nagori Panribuan, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (22/6). (Foto: DISKOMINFO SUMUT)
Menteri Koordi­nator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kawasan Pertanian Terpadu Si­malungun (KPT-S), Desa Nagori Panribuan, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (22/6). (Foto: DISKOMINFO SUMUT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian siap mengembangkan dan mereplikasi program Closed Loop sektor hortikultura di berbagai wilayah Indonesia. Hingga saat ini, ada 26 kabupaten di Indonesia yang sudah menjalankan program tersebut.

Closed Loop merupakan model kemitraan agribisnis hulu sampai hilir yang melibatkan multi-stakeholder dan dikem­bangkan dalam ekosistem ber­basis digital.

Program ini menerapkan teknik budidaya Good Agricultural Practices, sistem distribusi yang baik serta jaminan pasar atau har­ga yang bersaing oleh offtaker.

Baca juga : Don Carlo Mau Balikin 3 Pemain Buangan

Program ini merupakan ini­siasi Kementeriaan Koordinator Bidang Perekonomian bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Melalui implementasi Closed Loop, dapat memastikan keterse­diaan produk yang berkualitas sesuai kebutuhan pasar, men­gurangi ketidakpastian pasokan dan harga, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan kon­sumen,” kata Menteri Koordi­nator (Menko) Bidang Pereko­nomian Airlangga Hartarto di Kawasan Pertanian Terpadu Si­malungun (KPT-S), Desa Nagori Panribuan, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (22/6).

Menurut Ketua Umum Partai Golkar ini, dengan teknologi dan Closed Loop, diharapkan harga jual produk pertanian bisa meningkat dan tidak anjlok saat panen, seperti yang umumnya terjadi saat ini.

Baca juga : Pemilik Kendaraan Listrik Makin Mudah Cas Baterai

Hingga kini, Program Kemi­traan Closed Loop Agribisnis Hortikultura telah mendapatkan sambutan positif dari berbagai daerah atas kerja sama dan du­kungan multi-stakeholders yang terlibat sebagai mitra.

Seiring dengan keberhasilan implementasi di Kabupaten Garut, program kemitraan terse­but saat ini telah dikembangkan 16 kabupaten. Juga terdapat 10 kabupaten yang telah menyam­paikan aspirasi untuk dapat mengikuti pengembangan program Closed Loop tersebut.

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud mengatakan, Closed Loop menjadi wujud peran Pemerintah dalam mendorong terciptanya ekosistem pasar. Dengan begitu, penggunaan sumber daya dapat lebih efisien dan mampu mengurangi risiko.

Baca juga : Senayan: Sulsel Sukses Tingkatkan Produksi Pangan Dan Tekan Inflasi

Dalam kemitraan tersebut, inovasi teknologi dan prak­tik berkelanjutan juga harus dilibatkan untuk meningkatkan produktivitas, dan memastikan ketahanan pangan jangka pan­jang dan berkelanjutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.