Dark/Light Mode

Sinergi DANA Indonesia Dan RIA Money Transfer Hadirkan Layanan Transfer Realtime Bagi PMI

Rabu, 28 Juni 2023 13:43 WIB
Kerja sama DANA Indonesia dan RIA Money Transfer dalam menyediakan layanan transfer bagi Pekerja Migran Indonesia. (Foto: Istimewa)
Kerja sama DANA Indonesia dan RIA Money Transfer dalam menyediakan layanan transfer bagi Pekerja Migran Indonesia. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dukungan tersebut diwujudkan lewat kerja sama perusahaan pengiriman uang jaringan internasional, dalam menghadirkan layanan Inward Remittance atau Remitansi Masuk untuk memudahkan pengiriman uang dari PMI ke Indonesia dengan cepat, mudah, dan aman.

Perwakilan RIA Money Transfer untuk Indonesia Josef Pandu Untorojono mengatakan, sejalan dengan tren saat ini yang semakin bagus khususnya terkait keuangan digital, pihaknya meluncurkan kerja sama ini sebagai bentuk upaya dalam memberikan layanan terbaik bagi konsumen RIA Money Transfer, termasuk pekerja migran Indonesia.

“Kehadiran DANA ikut mendukung layanan kami, sehingga penerima manfaat dapat menerima uang kapan dan di manapun secara online real-time,” ujar pria yang akrab disapa Pandu ini.

Untuk biaya admin, dikatakan Pandu akan dikenakan sekitar 3 dolar Singapura atau setara Rp 45 ribu.

Baca juga : Kolaborasi Bank Mandiri Mantap Dan Heksa Insurance Hadirkan Asuransi Jiwa Kredit

“Prinsip kami membuat transfer lebih murah. Karena jika dibandingkan dengan perbankan ini cukup murah yang rata-rata itu mencapai Rp 100 ribu per sekali transaksi dengan nominal tertentu. Namun biaya administrasi ini tergantung negara dan itu berbeda,” jelasnya.

Saat ini, layanan remitansi masuk DANA dan RIA Money Transfer dapat dilakukan oleh pekerja migran Indonesia di seluruh penjuru dunia, antara lain Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.

PMI yang merupakan nasabah RIA Money Transfer atau disebut beneficiary, dapat mengirim uang ke Tanah Air dengan menyetor uang melalui layanan RIA Money Transfer hanya dengan memasukan nomor telepon.

Kemudian, penerima remitansi diharuskan memiliki akun dan menggunakan aplikasi DANA untuk menerima dana sesuai nominal yang disetorkan.

Baca juga : Jalin Sinergi Dengan Pegadaian, BRI Group Hadirkan Referensi Layanan Produk bagi Nasabah

Dana akan diterima dalam bentuk saldo DANA dan dapat segera digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pembayaran kebutuhan harian hingga pembelian investasi, asuransi, hingga pinjaman yang tersedia di dalam aplikasi DANA.

Lewat jaringan dan ekosistem terbuka yang luas, DANA juga memungkinkan keluarga penerima remitansi untuk melakukan tarik tunai (Over the Counter atau OTC) di beberapa gerai mitra DANA yang tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia.

Tarik tunai dapat dilakukan melalui Alfamart, Pegadaian, dan Lawson. elah terbukti dalam menopang pertumbuhan perekonomian nasional lewat pengiriman uang dari luar negeri ke tanah air, atau yang disebut dengan remitansi.

Manfaat remitansi juga dirasakan langsung oleh keluarga pekerja migran, dalam memberikan kesejahteraan finansial hingga meningkatkan kualitas hidupnya.

Baca juga : Indonesias Got Talent 2023 Hadirkan Beragam Talenta

Sebagai informasi, dari data Bank Indonesia (BI) menyebutkan, kuartal II-2022 remitansi mencapai 2,39 miliar dolar AS (Rp 35,87 triliun).

Secara akumulatif, kiriman uang PMI ke keluarganya di Indonesia sepanjang semester I 2022 bahkan mencapai 4,73 miliar dolar AS (Rp 71,0 triliun) atau tumbuh 4,32 persen (yoy) dibanding semester I tahun lalu.

Prospek remitansi masih begitu besar, mengingat penempatan pekerja migran Indonesia yang masih terus melonjak hingga akhir 2022 lalu yaitu sebesar 590 persen (sektor formal) dan 52 persen (sektor informal). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.