Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi

Rayakan Bintang Jasa Untuk Menteri ESDM

Jumat, 12 Mei 2023 06:07 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi Rayakan Bintang Jasa Untuk Menteri ESDM

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua tokoh Indonesia mendapatkan bintang jasa dari Pemerintah Jepang. Mereka adalah Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan mantan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengaku bangga atas penganugerahan yang diterima kedua tokoh tersebut. Yaitu Penghargaan Bintang Tanda Jasa The Order of The Rising Sun, Gold and Silver Star di Istana Kaisar, Selasa (9/5).

“Penghargaan ini merupakan bukti kepercayaan tinggi Jepang kepada Indonesia dalam kerja sama erat kedua negara. Keluarga besar KBRI Tokyo bangga atas penghargaan ini,” ujar Dubes Heri saat mengadakan resepsi di kediamannya, Rabu (10/5) malam.

Baca juga : 12 Pemain Bertahan, Persebaya Kontrak 2 Mantan Bintang Persita

“Untuk diketahui, Jepang banyak memberikan penghargaan kepada WNI yang berkontribusi dalam hubungan Indonesia dan Jepang,” lanjutnya dikutip keterangan tertulis KBRI Tokyo, kemarin.

Menurut Dubes Heri, mantan Dubes RI di Jepang, Arifin Tasrif telah melakukan banyak kerja sama, khususnya di bidang energi dan aktif dalam peningkatan persahabatan kedua negara. Sementara itu, Kuntoro Mangkusubroto berkontribusi untuk kerja sama bidang kebencanaan.

Sebelumnya, tahun lalu, Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan dan mantan Menteri ESDM dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga mendapatkan penghargaan serupa. Dianugerahi The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari Pemerintah Jepang.

Baca juga : Puncak Musra Indonesia, Rakyat Menanti Perintah Jokowi

Selain itu, Pemerintah Jepang pernah memberikan penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun Silver Rays kepada Wakil Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Jepang Jawa Timur Joshie Karyadi Halim.

Penghargaan The Order of the Rising Sun diberikan kepada individu yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam kerja sama internasional, promosi budaya Jepang dan pegiat lingkungan. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada 1875.***

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.