Dark/Light Mode

Garuda Luncurin Tauberes, Ongkos Logistik Bisa Lebih Murah

Rabu, 11 September 2019 23:09 WIB
Soft Launching Tauberes, di Jakarta, Rabu (11/9). (Foto: Ist)
Soft Launching Tauberes, di Jakarta, Rabu (11/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia meluncurkan aplikasi logistik bernama Tauberes. Aplikasi ini dapat menghubungkan jasa layanan kargo udara dengan agen pengiriman barang dan pengguna jasa.

Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha  Garuda Indonesia Mohammad Iqbal mengatakan aplikasi ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan aplikasi layanan kargo lainnya. Melalui Tauberes, konsumen bisa mengirim barang dalam waktu sehari ke seluruh daerah tanpa harus menunggu kapasitas barang minimal 10 kilogram (kg).

Diharapkan dengan begitu, biaya logistik menjadi lebih murah. "Same day service itu jarang. Airlines minta barang minimal 10 kg dikumpulin dulu, jadinya mahal," ujarnya dalam soft launching Tauberes, di Jakarta, Rabu (11/9).

Baca juga : Perluas Jaringan, OYO Hotels Bidik Pasar Indonesia Timur

Selain itu, melalui aplikasi ini konsumen bisa melacak keberadaan barang yang dikirim melalui smartphone, dan bebas untuk memilih penyedia jasanya. Untuk mengembangkan bisnis ini Garuda berkolaborasi degan Citilink, Sriwijaya, Lion Parcel, Aero Express, J&T, dan JNE.

“Tiap tahun volume kargo Garuda naik 50 persen, dengan adanya aplikasi ini akan meningkatkan volume kargo, juga membagikan volume kepada perusahaan kargo lainnya," katanya.

Ke depannya aplikasi ini dapat menghubungkan penggemar kuliner nusantara dengan penyedia makanan favorit di berbagai daerah dengan jaminan pengiriman makanan maksimal dalam waktu delapan jam.

Baca juga : Baran Energy Luncurkan Baterai Listrik Dari Energi Terbarukan

Di tahap pengembangan selanjutanya, aplikasi Tauberes juga diaharapkan tidak hanya memberikan kemudahan untuk berbelanja produk e-commerce, tetapi juga menjadi solusi one stop shopping bagi penggunan jasa market place. Adapun saat ini Tauberes bisa digunakan di IOS maupun Android.

Direktur Utama PT Garuda Tauberes Indonesia, Albert Burhan mengatakan, Tauberes merupakan aplikasi yang didesain sebagai layanan one stop logistic solution dan memiliki tiga fitur, yakni kirim paket, kargo udara, dan belanja online.

“Dengan dilengkapi fitur tracking antarpulau yang terkoneksi dengan sistem layanan penerbangan, platform Tauberes ini akan memudahkan para pengguna jasa untuk memantau pergerakan paket kiriman secara real time," jelasnya.

Baca juga : Jangan Takut, Operasi Katarak Kini Makin Mudah

Albert berharap hal ini semakin memudahkan pengusaha logistik dan masyarakat dalam pengiriman barang. “Harapan kami aplikasi ini bisa menghubungkan pelaku UMKM dengan pasar domestik dan ekspor serta menunjang jaringan distribusi," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.