Dark/Light Mode

Nelayan Ingin Tambah Konkit

Ongkos Melaut Jadi Lebih Murah

Senin, 31 Desember 2018 12:01 WIB
Konkit LPG sebagai alternatif bahan bakar untuk nelayan kecil. Dengan konkit, nelayan bisa hemat Rp 50.000 per hari. (Foto: Kementerian ESDM)
Konkit LPG sebagai alternatif bahan bakar untuk nelayan kecil. Dengan konkit, nelayan bisa hemat Rp 50.000 per hari. (Foto: Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manfaat dari penggunaan konverter kit atau konkit dirasakan paling nyata oleh kalangan nelayan. Wiwid, salah satu nelayan Desa Keradinan, Kabupaten Tuban, menggunakan konkit sejak 2016. Dengan gas, biaya untuk melaut jadi lebih murah. “Alhamdulillah dengan bantuan alat konkit dari Pemerintah ini, biaya operasional sudah sangat berkurang,” ujar Wiwid saat ditemui di Mangrove Center Tuban, Kabupaten Tuban, Selasa (13/11) lalu.

Baca juga : Nelayan Kecil & Rumah Tangga Lebih Hemat Pakai Gas

Mardi, nelayan Desa Karangsari, Tuban, Provinsi Jawa Tengah berharap program ini terus berjalan. Masih banyak nelayan belum mendapat paket konverter kit. “Mudah-mudahan program ini berlanjut. Nelayan lain ada yang belum kebagian. Kalau program dilanjutkan, semoga mereka bisa dapat (konkit) juga,” ujarnya.

Baca juga : Bos HIPMI Jadi Inisiatornya

Pembagian paket konverter kit LPG untuk nelayan kecil terdiri beberapa komponen. Yaitu mesin penggerak, konverter kit, as panjang, baling-baling, 2 buah tabung elpiji 3 kg, serta aksesoris pendukung lainnya, seperti reducer, regulator dan mixer.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.