Dark/Light Mode

Dukung Net Zero Carbon Emission, Pupuk Kaltim Gunakan Mobil Listrik Untuk Operasional

Senin, 3 Juli 2023 18:39 WIB
Mobil operasional yang digunakan Pupuk Kaltim untuk operasional dalam mendukung Net Zero Carbon Emisssion. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Mobil operasional yang digunakan Pupuk Kaltim untuk operasional dalam mendukung Net Zero Carbon Emisssion. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

 Sebelumnya 
Selain itu, mobil ini memiliki jarak tempuh 300 kilometer (Km) untuk satu baterai dan akan digunakan sebagai kendaraan operasional antar jemput karyawan hingga tamu, yang berkunjung ke Pupuk Kaltim.

"Semoga, keberadaan mobil listrik menjadi nilai tambah bagi perusahaan, khususnya dalam transformasi industri hijau dengan kontribusi nyata terhadap kelestarian lingkungan untuk masa depan berkelanjutan," ungkapnya.

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta menyampaikan, penggunaan kendaraan listrik menjadi salah satu upaya Pupuk Kaltim terhadap realisasi net zero carbon emission, guna menekan penggunaan energi fosil di lingkup bisnis Perusahaan.

Baca juga : Salurkan 146 Hewan Kurban, Pupuk Kaltim Sasar 6.351 Mustahik Di Bontang

Apalagi, sejak menggagas penggunaan motor listrik pada tahun lalu.

"Kami ingin terus meneguhkan posisi perusahaan, sebagai pionir transformasi industri hijau di Indonesia," katanya.

Selain itu, penggunaan kendaraan listrik menjadi bukti nyata komitmen Pupuk Kaltim menerapkan ESG dalam menciptakan pertumbuhan usaha. Sekaligus, membangun keseimbangan kinerja pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Baca juga : Target Net Zero Emission Mau Dimajukan Jadi 2050, Luhut Bilang Begini…

Pupuk Kaltim saat ini menduduki peringkat tertinggi penerapan ESG dunia untuk kategori agrochemical, berdasarkan ESG Risk Rating Morningstar Sustainalytics.

Hal itu didasari serangkaian program, yang direalisasikan Pupuk Kaltim untuk menekan emisi karbon secara komprehensif. Yakni, melalui berbagai pengembangan seperti green ammonia, pembangunan pabrik soda ash, community forest hingga pemanfaatan sumber energi terbarukan.

"Peresmian mobil listrik ini menjadi kesinambungan komitmen kami terhadap implementasi ESG secara optimal. Sehingga, semakin berkontribusi bagi keberlanjutan lingkungan dan masa depan dunia," pungkas Hanggara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.