Dark/Light Mode

Salurkan 146 Hewan Kurban, Pupuk Kaltim Sasar 6.351 Mustahik Di Bontang

Sabtu, 1 Juli 2023 11:30 WIB
Pupuk Kaltim menyerahkan hewan kurban di Bontang, Kaltim. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim menyerahkan hewan kurban di Bontang, Kaltim. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), melalui Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) Yayasan Baiturrahman menyalurkan 146 hewan kurban, terdiri dari 101 sapi dan 45 kambing pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

Penyaluran hewan kurban, ditandai penyerahan sapi kurban Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, diwakili Direktur Keuangan dan Umum Qomaruzzaman kepada panitia BPUI Pupuk Kaltim, di halaman parkir Masjid Raya Baiturrahman, pada Kamis (29/6) lalu.

Ketua Panitia Idul Adha BPUI Pupuk Kaltim Julianta mengatakan, tahun ini bursa hewan kurban digelar secara offline dan online selama tiga hari, atau pada 26-28 Juni 2023.

Proses penerimaan hewan kurban dari muqorrib dilakukan BPUI Pupuk Kaltim melalui tiga Masjid, yakni Masjid Baiturrahman sebanyak 46 sapi dan 33 kambing. Lalu, Masjid Fathul Khoir 36 sapi dan 8 kambing, serta Masjid Al Furqon masing-masing 19 sapi dan 4 kambing.

Baca juga : Prabowo Salurkan Puluhan Hewan Qurban Ke Ponpes Dan Ormas Di Jabar

"Jumlah hewan kurban, meningkat dari tahun sebelumnya dengan total 146 ekor. Begitu pula, dengan mustahik penerima manfaat," ujar Julianta, melalui siaran pers, Sabtu (30/6).

Selain itu, BPUI juga telah memastikan kesehatan seluruh hewan kurban, sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK).

Ia menjelaskan, mustahik pada Idul Adha tahun ini menyasar 6.351 kepala keluarga di Kota Bontang, dengan proses pendistribusian melalui enam Masjid di kawasan Pupuk Kaltim. Di antaranya, Masjid Raya Baiturrahman, Al Furqon, Fathul Khoir, Al Mubarak, Al Ikhlas dan Al Jabar.

Ia menuturkan, para mustahik tersebar di Kelurahan Belimbing, Telihan, Kanaan, Loktuan, Guntung, Bontang Kuala, Gunung Elai, Api-Api, Pulau Gusung dan Sempayang, Kampung Sidrap, Jalan Pipa, serta jalan poros Bontang-Sangatta.

Baca juga : Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tetap Segar

Untuk menghindari tumpang tindih, kata dia, sebagian daging kurban juga didistribusikan melalui masjid maupun lembaga yang mengajukan permintaan kepada BPUI Pupuk Kaltim.

Ia memastikan, penyaluran tersebut bekerja sama dengan unit kerja Pupuk Kaltim seperti Departemen Komunikasi Korporat, Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL),

JVC, anak perusahaan dan mitra kerja Pupuk Kaltim lainnya.

“Para mustahik, juga ditentukan melalui survei tim BPUI Pupuk Kaltim untuk memastikan penyaluran tepat sasaran dan tidak tumpang tindih," ungkapnya.

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Potong Hewan Kurban Bersama Warga Di Indramayu

Di kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengatakan, tahun ini khusus jajaran Direksi Pupuk Kaltim berkurban 4 ekor sapi bagi mustahik di Kota Bontang. Yakni, dengan proses penyaluran sesuai sasaran yang telah ditentukan panitia BPUI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.