Dark/Light Mode

DPR Bakal Fit And Proper Test 4 Calon

DK OJK, Ayo Gerak Cepat Awasi Aset Kripto-Fintech

Jumat, 7 Juli 2023 07:30 WIB
Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah. (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi XI DPR sudah menerima empat calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) periode 2023-2028 yang disetujui Presiden Jokowi. Mereka menjadwalkan akan menggelar fit and proper test pada Senin (10/7).

Keempat nyaberasal dari Bank Indonesia (BI), yakni Agusman, saat ini masih aktif se­bagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Audit Internal Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono saat ini menjabat Kepala Departemen Komunikasi BI, Adi Budiarso saat ini menjabat Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi.

Diketahui, Hasan Fawzi dan Erwin Haryono mendaftar se­bagai Kepala Eksekutif Penga­was Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digi­tal dan Aset Kripto merangkap Anggota DK-OJK.

Baca juga : Calon DK OJK Jalani Fit And Proper Test, Ini Pesan Dan Harapan Bamsoet

Sedangkan Agusman dan Adi Budiarso mendaftar sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusa­haan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merang­kap Anggota DK-OJK.

Terkait hal ini, Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdul­lah menerangkan, pihaknya sudah menerima surat Presiden Jokowi tentang calon OJK dari pimpinan.

Komisi XI DPR akan melaku­kan rapat internal untuk meng­gelar fit and proper test terhadap nama empat calon tersebut, yang kemudian hanya akan dipilih dua calon.

Baca juga : Bamsoet Harap Fit And Proper Test OJK Di DPR Hasilkan Pimpinan Terbaik

“Insya Allah jika tidak ada aral melintang, tanggal 10 Juli akan dilakukan pemilihan nama-nama dalam surat Presiden tersebut,” ungkap Said kepada wartawan, Kamis (6/7).

Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indo­nesia (PDI) Perjuangan Eriko Sotarduga mengamini soal ren­cana tes tersebut. Dia enggan berspekulasi siapa dua calon yang akan kemungkinan terpilih.

“Semua itu akan kelihatan pada rapat nanti. Yang pasti, DK-OJK yang baru sangat berperan untuk mengawasi hal-hal yang berhubungan dengan fintech, pinjaman online (pinjol), in­vestasi kripto, dan investasi yang bersifat digital,” kata Eriko.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.