Dark/Light Mode

Komisi II Rampungkan Fit and Proper Test Calon Anggota Ombudsman

Kamis, 28 Januari 2021 21:21 WIB
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. (Foto: Ist)
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi II DPR RI telah merampungkan fit and proper test terhadap 18 calon Anggota Ombudsman RI periode 2021-2026 pada tanggal 26 sampai dengan 27 Januari 2021. Dari 18 calon, dengan metode musyawarah mufakat, Komisi II DPR RI telah menetapkan sembilan nama anggota Ombudsman RI Periode 2021-2026.

"Jadi kita sudah putuskan ada sembilan nama. Prosesnya kita sepakati dilakukan secara musyawarah mufakat. Karena memang sekarang dalam suasana pandemi, agak sulit kita lakukan secara voting karena masih banyak yang datang secara daring," ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (28/1).

Baca juga : Anggota Komisi IV DPR Menyayangkan Pemotongan Anggaran Pertanian

Lebih lanjut, Doli menambahkan, Komisi II DPR RI akan segera mengirim surat kepada Pimpinan DPR dan menyampaikan hasil dari fit and proper test yang sudah dilakukan.

"Hari ini saya akan kirim surat ke Pimpinan DPR. Selanjutnya prosesnya diserahkan pada pimpinan maupun untuk dijadwalkan di rapat paripurna," ujar dia.  

Baca juga : DPR Yakin Presiden Pilih Calon Kapolri Profesional

Politisi Partai Golkar ini berharap, anggota Ombudsman yang baru dapat memperkuat kelembagaan Ombudsman, utamanya terkait perbaikan mutu dan kualitas pelayanan publik. Selain itu, Doli juga optimistis, anggota Ombudsman yang telah terpilih, merupakan pilihan yang terbaik.

"Inikan proses cukup panjang, ada sekitar 400 orang yang mendaftar. Kemudian proses seleksinya panjang, tahapannya enggak satu-dua kali jadi, orang yang dikirim ke kami ini saya kira sudah mengikuti proses yang cukup panjang dan Insyaallah orang yang kita pilih adalah orang-orang yang terbaik," pungkasnya.  

Baca juga : Ekonom: Penunjukan Sandi Sebagai Menparekraf Tepat, Ini Alasannya

Adapun sembilan nama anggota Ombudsman RI yang telah dipilih oleh Komisi II DPR RI yaitu Ketua Mokhamad Nazir (Dosen pengajar Universitas Muhammadiyah Malang), dan Wakil Ketua Bobby Hamzar Rafinus (ASN di Kemenko Perekonomian).  

Selanjutnya, Anggota Ombudsman RI yakni; Dadan Suparjo Suharmawijaya (Anggota Ombudsman RI), Hery Susanto (Direktur Operasional pada PT Grage Nusantara Global), Indraza Marzuki Rais (Kepada SPI PT Perikanan Nusantara {persero}), Jemsly Hutabarat (Pegawai pada PT GMF Aeroasia), Johanes Widijantoro (Dosen pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta), Robertus Na Endi Jaweng (Peneliti dan Pimpinan pada Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) serta Yeka Hendra Fatika (Ketua Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi/Pataka). [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.