Dark/Light Mode

Puan: Fit And Proper Test Calon Anggota KPU Dan Bawaslu Digelar Terbuka

Senin, 14 Februari 2022 10:48 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: ist)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan alias fit and proper test calon anggota KPU dan Bawaslu yang dimulai hari ini terbuka untuk masyarakat luas. Menurut Puan, pihaknya terus bekerja secara transparan untuk memastikan partisipasi masyarakat berjalan optimal.

"Uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilaksanakan oleh Komisi II DPR terhadap calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu periode 2022-2027 akan dilakukan secara terbuka, transparan dan akuntabel," kata Puan, Senin (14/2). 

Menurut eks Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu, publik bisa menyaksikan jalannya fit and proper test melalui kanal-kanal informasi yang disiapkan oleh DPR.

Baca juga : Puan Minta Produk Pers Tak Kalah Dengan Berita Hoaks

"DPR senantiasa mengedepankan keterbukaan, yang telah menjadi visi misi kami sejak dilantik pada 2019 lalu. Publik bisa memastikan seleksi dijalankan dengan profesional, transparan, dan pastinya dengan melibatkan partisipasi dari masyarakat," ujarnya. 

Untuk pelaksanaan fit and proper test kepada calon anggota KPU dan Bawaslu, Komisi II sebelumnya telah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan atau masukan melalui surat, telepon, hingga faksimile dan email.

"Setiap anggota Komisi II DPR akan mempertimbangkan masukan dari publik dalam pelaksanaan fit and proper test tanpa intervensi dari pihak manapun," ujarnya.

Baca juga : Kapal Perang Indonesia dan Angkatan Laut Siprus Latihan Bersama Di Siprus

Puan berharap proses uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu dapat berjalan dengan lancar. Dengan begitu, DPR dapat memberikan nama-nama anggota KPU dan Bawaslu terpilih terbaik untuk kemudian dilantik oleh presiden.

Dia berharap, 7 nama anggota KPU dan 5 nama anggota Bawaslu yang akan terpilih nantinya memiliki integritas yang tinggi dan kapabilitas yang mumpuni sebagai penyelenggara Pemilu.

“Setiap anggota KPU dan Bawaslu terpilih, tambah Puan, harus merupakan sosok yang tangguh, independen, dan setia kepada rakyat,” ujarnya.

Baca juga : IKA Ikopin Dan MPR Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

Diketahui, Komisi II DPR mengelar uji kelayakan dan kepatutan kepada 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu periode 2022-2027 pada Senin ini hingga Rabu (16/2) mendatang. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.