Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka Pameran Indotrans, JK: Transportasi Harus Diimbangi Kemajuan Teknologi

Jumat, 13 September 2019 15:40 WIB
Wapres Jusuf Kalla di dampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri ESDM Ignasius Jonan saat membuka Pameran Indotrans Expo di Jakarta, Jumat (13/9). (Foto: Ist)
Wapres Jusuf Kalla di dampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri ESDM Ignasius Jonan saat membuka Pameran Indotrans Expo di Jakarta, Jumat (13/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, transportasi harus diimbangi dengan kemajuan teknologi. Hal ini dilakukan untuk mengatasi perubahan sosial yang ada dimasyarakat.

“Teknologi itu jangan ditolak tapi dikolaborasikan. Diterapkan dalam sistem karena perubahan-perubahan itu akan membawa masalah sosial," katanya saat membuka Pameran Indotrans Expo di JCC Senayan Jakarta, Jumat (13/9).

Dalam acara itu, JK ditemani Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Baca juga : Kalah Lawan Iran, Fakhri Terus Rotasi Pemain Timnas U-19

Menurut JK menjelaskan, perubahan yang terjadi di sektor transportasi karena teknologi, dimana bus kota berkembang dengan kehadiran Transjakarta, mucul lagi MRT, dan LRT. Demikian dengan transportasi konvensional yang mulai digantikan transportasi online.

"Artinya kemampuan kita adalah dapat diselesaikan apabila kita menguasai sistem dan teknologi dengan baik," ujarnya.

Menurutnya, kemajuan teknologi ini tak bisa ditolak. Seperti yang terjadi pada sektor transportasi di mana muncul taksi online dan ojek online, yang awal kemunculannya ditentang oleh mereka yang bekerja di transportasi konvensional. 

Baca juga : Supoter Indonesia Rusuh, Menpora Malaysia Ikut Dilempari

JK mencontohkan kesuksesan Grab dan Gojek yang menyatukan sistem transportasi dan teknologi. Menurut JK, Grab dan Gojek menerapkan sistem koperasi karena dibangun dengan kebersamaan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa ajang ini merupakan rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional. Menhub menilai, Kementerian Perhubungan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM transportasi.

"Salah satu peningkatan kualitas SDM ini yaitu perubahan mindset dan capability menghadapi era digital 4.0. Di sisi lain, Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2019 ini juga sebagai apresiasi atas partisipasi dan dukungan masyarakat Indonesia sebagai wujud nyata pengabdian para Insan Perhubungan dalam membangun transportasi lebih baik," tuturnya.

Baca juga : Hadapi Industri 4.0, Jasa Raharja Transformasikan Layanan Keuangan Digital

Menhub mengatakan, peringatan Harhubnas juga menjadi momentum yang baik baik bagi Kemenhub bersama stakeholder sektor transportasi, untuk terus berkomitmen meningkatkan kualitas dan daya saing SDM sektor transportasi yang saling bersinergi bersama dengan stakeholder dan masyarakat, dalam mewujudkan transportasi yang selamat, aman dan nyaman bagi rakyat Indonesia. [KPJ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.