Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

49 Merek Kendaraan Ikut GIIAS 2023

Kamis, 13 Juli 2023 17:25 WIB
Konferensi pers GIIAS 2023. (Foto: Ist)
Konferensi pers GIIAS 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan kembali memamerkan teknologi dan produk terbaru dari industri otomotif. Acara yang digelar pada 10-20 Agustus 2023 itu akan diikuti 49 merek kendaraan.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, pameran GIIAS 2023 menjadi milestone khusus bagi Gaikindo. “Di tahun ini GIIAS hadir sebagai penyelenggaraan pameran yang ke-30, dan pameran yang menghadirkan jumlah merek kendaraan terbanyak dalam kurun waktu delapan tahun kebelakang, hal yang sangat membanggakan bagi Gaikindo,” ungkap Nangoi.

Menurutnya, hal tersebut menambah catatan keberhasilan Gaikindo yang selama ini telah menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif. “Dengan lebih banyak peserta yang hadir pada GIIAS 2023 artinya lebih banyak lagi terobosan dan teknologi industri otomotif yang akan disajikan kepada masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Tahun ini, GIIAS akan menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling. 

Baca juga : 70 Kontingen Kemendes PDTT Siap Ikut Pornas Korpri XVI 2023

Lima merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Serta 15 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Nangoi juga menjelaskan,  masuknya merek-merek kendaraan baru ke tanah air membuktikan potensi besar pasar otomotif Indonesia. Tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-11, sementara untuk market domestik Indonesia berada diposisi ke-14 di dunia. “Dengan jumlah total penduduk mencapai lebih dari 275 juta jiwa, dan rasio kepemilikan mobil sebesar 99 unit per 1.000 penduduk, Indonesia memiliki pasar potensial terbesar di Asia Tenggara,” jelasnya. 

Ia menambahkan, Indonesia juga memiliki potensi untuk terus meningkatkan angka ekspor, dengan memanfaatkan letak geografis indonesia untuk memperluas negara tujuan ekspor, terutama ke negara ASEAN serta Australia, dan dengan memanfaatkan penyelenggaraan GIIAS untuk menunjukkan inovasi produk kendaraan dan komponen produksi dalam negeri kepada dunia internasional.

“GIIAS tidak pernah absen menjadi ajang perkenalan industri otomotif, tahun ini pun puluhan inovasi, teknologi kendaraan terbaru termasuk juga dari kendaraan berbasis listrik, hingga kendaraan world premiere akan diluncurkan di GIIAS 2023,” ujar Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Baca juga : Top, KAI Borong 4 Penghargaan HCREA 2023

Menurut Rizwan, informasi, edukasi, dan pengalaman tentang teknologi otomotif terbaru telah menjadi acuan masyarakat Indonesia. Sebagai bukti, pada penyelenggaraan GIIAS tahun lalu, program EV Test Track efektif membangun pengetahuan tentang kelebihan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai kepada lebih dari 10.000 pengunjung yang mencoba langsung. 

Gaikindo mencatat lonjakan permintaan kendaraan berbasis listrik yang pada 2021, tercatat sebanyak 678 unit naik menjadi 10.000 unit pada tahun 2022. Tahun ini GIIAS akan kembali menyoroti dari kendaraan listrik, pengunjung dapat mengendarai langsung kendaraan listrik, termasuk dari inovasi kendaraan listrik terbaru yang belum pernah hadir di Indonesia dapat dicoba langsung di area EV Test Drive pada area luar atau outdoor dari pameran GIIAS 2023.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga akan unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023, karena itu menurut Rizwan, GIIAS 2023 adalah ajang yang tidak boleh dilewatkan para pecinta otomotif Indonesia. 

“GIIAS kali ini adalah penyelenggaraan yang istimewa, dengan jumlah peserta kendaraan bermotor terbanyak, terlengkap, dipenuhi dengan berbagai peluncuran, model baru, teknologi baru, yang akan menjadi acuan masa depan industri otomotif Indonesia, oleh karena itu kami mengundang seluruh pecinta otomotif untuk hadir di GIIAS 2023,” tutur Rizwan.

Baca juga : HUT ke-21, GeoDipa Raih Penghargaan HCREA 2023

Untuk para pengunjung GIIAS 2023 telah mempersiapkan cara mudah mendapatkan tiket masuk, bahkan pada hari khusus VIP yang akan berjalan di hari pertama pembukaan pameran. Pada tanggal 14 Juli 2023, GIIAS akan membuka penjualan khusus VIP Ticket Presale, dimana para pengujung dapat membeli tiket terbatas untuk masuk di hari pertama pembukaan pameran GIIAS 2023 hanya seharga Rp 30 ribu dan tersedia hanya di aplikasi Auto360.

Astra Financial hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2023 bersama unit bisnisnya yaitu: FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, MauCash, MOXA, dan SEVA.

Tan Chian Hok selaku Project Director Astra Financial-GIIAS 2023 mengatakan, sebuah kebanggaan bagi Astra Financial untuk dapat turut mendukung pertumbuhan industri otomotif Indonesia yang juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. “Tahun 2023 ini merupakan tahun ke-5 kami berpartisipasi sebagai Platinum Sponsor perhelatan GIIAS yang mengambil tema Future Now,” tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.